Seputar Bona Pasogit Samosir

Kawasan Danau Toba, Samosir


Bantu Tekan Subscribe 🙏

SAMOSIR

Atase Pertahanan 16 Negara Kunjungi Samosir

SEPUTAR BONA PASOGIT SAMOSIR
Minggu 22 2016, 16:05 WIB
Last Updated 2016-05-28T06:46:49Z

Para atase pertahanan dari 16 Negara foto bersama Bupati Samosir.

Samosir, Kupas Tuntas

Sejumlah 30 orang para Atase Pertahanan (Military Attache Corps) dari 16 Negara mengunjungi Samosir, Jumat (20/05) dan disambut dengan tor-tor batak di Dermaga Wisata Tomok Kecamatan Simanindo.

Kunjungan ini merupakan tour wisata untuk menikmati keindahan panorama alam Samosir dan mengunjungi situs-situs budaya batak. Situs wisata yang pertama dikunjungi adalah Makam Raja Sidabutar di Tomok, dan sebelum memasuki areal makam Raja Sidabutar, masing-masing diberikan ulos sebagaimana tradisi orang batak.

Di makam Raja Sidabutar, para atase pertahanan mendengarkan penjelasan sejarah sejarah Raja Sidabutar yang terbuat dari batu asli (sarkofagus). Setelah itu, rombongan langsung menuju Batu Persidangan di Siallagan.

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon menjamu rombongan makan siang di Hotel Toledo Inn, Tuktuk Siadong-Simanindo sebagai tanda hormat atas kunjungan atase pertahanan. Pada jamuan ini turut hadir Kapolres Samosir, Ketua DPRD Samosir, Sekretraris Daerah Kab. Samosir, Ketua PKK Kab. Samosir, Asisten Administrasi Umum dan pimpinan SKPD.

Rapidin Simbolon mengaku senang dan bangga atas  kunjungan itu, dan memaparkan kondisi umum Kabupaten Samosir dari segi administrasi kependudukan dan wilayah. Selain itu, juga memaparkan beberapa situs pariwisata yang menjadi andalan Kabupaten Samosir.

Bupati berharap, rombongan puas berkunjung ke Samosir,  walau sebenarnya tidak cukup satu hari untuk menikmati alam Samosir. Karena masih banyak situs/lokasi wisata yang tersebar di Samosir. Beliau juga berharap, para utusan atase pertahanan dari Negara luar tersebut dapat mempromosikan keindahan alam Samosir di negara masing-masing.

Sebagai tanda kehormatan atas kunjungan tersebut, Bupati Samosir bersama Kapolres Samosir, Ketua DPRD, Ketua PKK dan Sekdakab Samosir memberikan ulos kepada masing-masing rombongan. Karena Ulos merupakan tanda kehormatan bagi orang batak dan diberikan kepada tamu kehormatan. Hiburan tortor tunggal panaluan turut mengisi acara makan siang.

Ketua rombongan Col Andrian Cambell-Black dari United Kingdom merasa senang atas sambutan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Samosir. Setelah melihat dua situs wisata budaya itu, dia mengaku kagum dengan budaya batak.

“Keindahan alam dan budaya Samosir sungguh luar biasa, dan  suatu saat kami akan datang kembali ke Samosir," kata Andrian. (Helbos)

TRENDING TOPIKMore