Seputar Bona Pasogit Samosir

Kawasan Danau Toba, Samosir


Bantu Tekan Subscribe 🙏

SAMOSIR

Pemkab Samosir Bagikan 1.000 Pelampung Untuk Keselamatan Penumpang Kapal

SEPUTAR BONA PASOGIT SAMOSIR
Sabtu 02 2016, 15:11 WIB
Last Updated 2016-07-02T08:11:45Z
Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon bersama Kapolres Samosir AKBP. Donald P Simanjuntak dan Kadishub Samosir Dosi Raja Simarmata, SH saat bincang-bincang di pelabuhan Tomok-Ajibata cara penanganan, untuk memperlancar arus penyeberangan.

Samosir, Kupas Tuntas

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi Dan Informatika (Dishubkominfo) Kab. Samosir, bagikan 1.000 Pelampung untuk keselamatan penumpang Kapal sebagai transportasi air di Kabupaten Samosir, Jumat (01/07/2016) bertempat di Gedung pelabuhan Feri KMP Tao Toba Tomok-Ajibata, Kecamatan Simanindo.

Pembagian pelampung kepada Organisasi Pengusaha Sejenis (OPS) Kapal Kayu dan Feri berlangsung, dihadiri langsung oleh Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon,MM, Kapolres Samosir AKBP. Donald P Simanjuntak, Asisten II Drs. Penas Sitanggang, Kadis Hubkominfo Dosi Raja Simarmata, SH, Kasatpol Airud AKP. Sitopu, Kapolsek Simanindo AKP. Ras M. Tarigan, Camat Simanindo Drs. Parissan Lumbangaol, dan 25 OPS Simanindo.

Sesuai laporan Kepala Dishubkominfo Samosir Dosi Raja Simarmata, 1.000 Pelampung yang dibagikan bersumber dari APBD Kab. Samosir Tahun 2016. "Pelampung ini dibagikan menyikapi adanya keluhan penumpang atas minimnya fasilitas keselamatan yang ada di Kapal," terang Dosi Raja.

Dirinya juga menjelaskan, setiap OPS akan diberikan sebanyak 10 pelampung. Hal itu sebagai bentuk dorongan kepada para pengusaha, dan mengharapkan agar para pemilik Kapal selalu mengutamakan kenyamanan penumpang.

Bupati Samosir yang turun langsung menyampaikan pelampung kepada OPS dalam sambutannya mengatakan,  mengapresiasi kegiatan berlangsung, karena menjadi sebuah motivasi bagi para pengusaha dan OPS. Bupati juga  mengingatkan, agar keselamatan sebagai prioritas utama.

"Jangan menganggap enteng masalah keselamatan penumpang. Keselamatan penumpang atau tamu, harus menjadi skala prioritas. Jika terdengar kabar buruk mengenai transportasi di Samosir, hal itu akan mengurangi kehadiran pengunjung di samosir," ucap Rapidin Simbolon.

Rapidin juga menegaskan, agar para pemilik Kapal untuk tidak melebihi kapasitas penumpang Kapal demi keselamatan. "Pelampung yang disumbangkan jangan sampai hilang, harus ada pertanggungjawaban dari OPS. Karena itu aset pemerintah. Muatan Kapal juga, jangan sampai melebihi kapasitas," tegas Rapidin.

Upayakan juga sambung Bupati, layani tamu dengan ramah, tulus dan tetap tersenyum. "Pelayanan adalah bagian dari amal. Diharapkan dan dimohonkan, agar ada satu persepsi, satu tujuan untuk mewujudkan cita kita bersama, menuju samosir daerah wisata internasional, demi kesejahteraan masyarakat Samosir, " kata Rapidin.

Kapolres Samosir AKBP. Donald P Simanjuntak pada kesempatan itu juga menyampaikan, bahwa dirinya mengapresiasi kegiatan berlangsung. "Kegiatan ini cukup bagus. Mengingat kondisi cuaca saat ini, membuat penumpang takut karena ombak sampai mengguncang kapal," kata Donald.

Untuk itu sambung Donald, dimohon dan dihimbau kepada seluruh pemilik Kapal, kapasitas Kapal jangan sampai melebihi standar. "Keselamatan penumpang harus diperhatikan. Kapal harus dilengkapi sarana dan prasarana keselamatan, dan Kapal jangan sampai melebihi kapasitas," tutup Donald.

Hampir senada, Wakil ketua DPRD Samosir Drs. Jonner Simbolon mengatakan, Pemilik dan nahkoda kapal harus benar-benar serius menyikapi keluhan masyarakat terkait pelayanan. "Optimalkan pelayanan terhadap tamu atau penumpang, senyaman mungkin. Senyum dan ramah terhadap tamu atau penumpang, dan tetap berlapang dada," kata Jonner.

Menyikapi penyesuaian ongkos lanjut Jonner, DPRD akan berupaya bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk standar penghasilan OPS. Dirinya juga tidak lupa untuk mengucapkan terimakasih atas atensi Ops mengikuti acara yang dilaksanakan. (Helbos)



Posted By Helbos Sitanggang

TRENDING TOPIKMore