Seputar Bona Pasogit Samosir

Kawasan Danau Toba, Samosir


Bantu Tekan Subscribe 🙏

POLITIK

Pilkades Samosir, 2 Incumbent di Kecamatan Pangururan Lengser

SEPUTAR BONA PASOGIT SAMOSIR
Minggu 26 2017, 00:53 WIB
Last Updated 2018-08-21T10:59:17Z

Proses penghitungan suara di TPS II Desa Siopat Sosor disaksikan ratusan masyarakat, petugas keamanan, dan saksi dari masing-masing calon, Sabtu (25/11/217).

Samosir, Bona Pasogit

Sebanyak 32 Desa dari 9 Kecamatan di Kabupaten Samosir, melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang I, hari ini, Sabtu (25/11/2017) yang anggarannya dibiayai APBD Kabupaten dan APBDes 2017, capai Rp. 80 Juta/Desa.

Kepolisian resort Kabupaten Samosir turunkan sebanyak 158 personil untuk pengamanan di 67 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 32 Desa yang melaksanakan Pilkades serentak hari ini.

"Sebanyak 158 anggota diturunkan hari ini Petugas keamanan (Pam) di 67 TPS. Kita juga dibantu personil TNI dari Koramil Pangururan, Polres Taput, Kodim Taput, dan Perwira pengendali (Padal) 1 orang untuk masing-masing Kecamatan," tutur Kepala unit (Kanit) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Samosir Martin Aritonang, berjaga di TPS II Desa Siopat Sosor, Kecamatan Pangururan.


Albinus Manihuruk (menggunakan peci) bincang-bincang dengan Wakil Kapolres Samosir Kompol Hamdan saat monitoring pelaksanaan Pilkades di TPS II Desa Siopat Sosor, Kecamatan Pangururan, Sabtu (25/11/2017).

Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Desa Siopat Sosor, Albinus Manihuruk mengatakan, pemungutan suara dimulai pukul 08.00 Wib dan akan berakhir pukul 12.00 Wib.

"Pemungutan suara, tadi kita mulai pukul 08.00 Wib dan berakhir pukul 12.00 Wib. Disetiap TPS, kita dibantu 3 personil Polres, dan 2 orang personil TNI sebagai petugas keamanan," kata Albinus.


Kapolres Samosir AKBP Donald P Simanjuntak saat monitoring pelaksanaan Pilkades di TPS I Desa Siopat Sosor, Kecamatan Pangururan, Sabtu (25/11/2017).

Lebih lanjut, Albinus menjelaskan, untuk Desa Siopat Sosor ada 2 TPS dengan jumlah pemilih, TPS 1 sebanyak 215 orang, TPS 2 sebanyak 288 orang. Masing-masing TPS dibantu petugas P2KD dan 7 orang petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Setelah pemungutan suara ditutup, penghitungan suara dilakukan langsung di TPS masing-masing. Hasilnya akan dibawa ke kantor P2KD untuk proses rekapitulasi, kemudian hasilnya diserahkan ke Panitia Pemilihan kecamatan (PPK) masing-masing Kecamatan," terang Albinus Manihuruk.


Barisan depan dari kiri ke kanan, Janahot Blasius Sihaloho, Edison Turnip, Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Marolop Sihaloho, Mian Sipangkar, Kapolres Samosir AKBP Donald Simanjuntak, Kajari Samosir Edward Malau, foto bersama saat monitoring pelaksanaan Pilkades di TPS I Desa Siopat Sosor, Sabtu (25/11/2017).

Pantauan wartawan dilapangan, Bupati Samosir Rapidin Simbolon didampingi Kapolres Samosir Donald Simanjuntak, Kajari Samosir Edward Malau, Koramil Pangururan J Sitohang, Camat Pangururan Krimson Malau dan beberapa pimpinan SKPD, melakukan monitoring pelaksanaan Pilkades serentak.

Di TPS I Desa Siopat Sosor, Rapidin Simbolon menyempatkan diri menyapa warga pemilih, dan foto bersama para calon.

"Siapapun yang menang, itu tetap Kepala Desa kita, harus diterima dengan ikhlas, apapun hasil pemilihan nantinya. Calon yang menang, rangkul yang kalah, jadikan mitra untuk bersama membangun Desa," himbau Rapidin saat monitoring ke TPS I Desa Siopat Sosor.


Pintu masuk TPS dijaga ketat petugas keamanan personil Polres Samosir dan TNI saat pemungutan suara berlangsung di TPS II Desa Siopat Sosor, Sabtu (25/11/2017).

Desa Siopat Sosor, Kecamatan Pangururan, diikuti 4 calon Kepala Desa, yakni Mian Sipangkar, Marolop Sihaloho (Incumbent), Edison Turnip, dan Janahot Blasius Sihaloho.

Hingga proses penghitungan suara selesai, Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Samosir berjalan kondusif. Kecamatan Pangururan sebagai ibukota Kabupaten, diikuti 2 Desa yang melangsungkan pemilihan, yakni Desa Siopat Sosor dan Desa Sialanguan.

Setelah pemungutan suara ditutup pukul 12.00 Wib, tepat pukul 13.00 Wib dilakukan penghitungan suara di TPS masing-masing. Dan hasil penghitungan suara sementara sebelum dilakukan rekapitulasi ulang di kantor P2KD masing-masing Desa, calon Kepala Desa nomor urut 3 di Desa Siopat Sosor Edison Turnip, unggul sebagai pemenang.

Sebelumnya, Kepala Desa Siopat Sosor dijabat oleh nomor urut 2 Marolop Sihaloho, dan sesuai hasil perhitungan suara, posisinya digeser oleh nomor urut 3 Edison Turnip dengan selisih perolehan suara, 28 suara.


Saat proses pemungutan suara berlangsung di TPS I Desa Siopat Sosor, Kecamatan Pangururan, Sabtu (25/11/2017).

Ketua P2KD Albinus Manihuruk, usai penghitungan suara di TPS II, menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang antusias mengikuti penghitungan suara hingga berakhir.

"Terima kasih buat seluruh masyarakat Desa Siopat Sosor, pelaksanaan Pilkades hari ini berjalan sukses dan kondusif. Semoga situasi seperti, tetap kita pelihara pada pesta demokrasi selanjutnya," ucap Albinus.

Dimana, lanjut Albinus Manihuruk, tahun 2018 mendatang, akan dilaksanakan pemilihan Gubernur. Dan tahun 2019, akan berlangsung pemilihan umum serentak untuk pemilihan DPRD, DPD, DPR, dan Presiden serta Wakil Presiden.


Foto ke 4 calon Kepala Desa Siopat Sosor, dipampangkan di papan pengumuman DPT masing-masing TPS, Sabtu (25/11/2017).

Adapun hasil perhitungan suara pemilihan Kepala Desa di Desa Siopat Sosor, Kecamatan Pangururan yang diikuti 4 calon, yakni nomor urut 1 Mian Sipangkar, nomor urut 2 Marolop Sihaloho, nomor urut 3 Edison Turnip, dan nomor urut 4 Janahot Blasius Sihaloho, sebagai berikut :

TPS I dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 215 orang, nomor urut 1 peroleh 5 suara, nomor urut 2 peroleh 49 suara, nomor urut 3 peroleh 59 suara, dan nomor urut 4 peroleh 69 suara.

TPS II dengan jumlah DPT 288 orang, nomor urut 1 peroleh 5 suara, nomor urut 2 peroleh 81 suara, nomor urut 3 peroleh 99 suara, dan nomor urut 4 peroleh 44 suara.

Dari 503 jumlah DPT, untuk TPS I yang tidak hadir memberikan hak pilihnya, sebanyak 33 orang, dan di TPS II sebanyak 59 orang. Kehadiran pemilih di Desa Siopat Sosor 81%.

Sementara untuk Desa Sialanguan yang diikuti 2 calon, yakni nomor urut 1 Rudi Hartono Sihaloho (Incumbent) sesuai hasil penghitungan suara di TPS, memperoleh 90 suara. Sementara nomor urut 2 Kornedi Situngkir, peroleh 98 suara dari 250 jumlah DPT di 2 TPS Desa Sialanguan. (Hrey.S)

Narkoba Dan Obat-obat Terlarang Adalah Racun Mematikan.
Mari Bersama Selamatkan Generasi Bangsa Ini Dari Bahaya Narkoba Dan Obat-obat Terlarang Lainnya.


TRENDING TOPIKMore