Seputar Bona Pasogit Samosir

Kawasan Danau Toba, Samosir


Bantu Tekan Subscribe 🙏

HEADLINEOPINISAMOSIRVIDEO

Video : Ilegal Manual Melebihi Mesin

SEPUTAR BONA PASOGIT SAMOSIR
Minggu 17 2020, 15:26 WIB
Last Updated 2020-12-18T02:02:03Z
Derasnya air sungai dalam durasi 1 jam hujan mengguyur, Minggu (17/5/2020).

Samosir, Bona Pasogit

Akibat penambangan pasir ilegal manual di Binanga (sungai) Aron yang berada diantara 2 desa, yakni Desa Pardugul dan Desa Panampangan, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, lebar dan kedalaman alur sungai terus bertambah.

Galian tanpa ijin itu terus berlangsung dari hari ke hari tanpa henti dan sudah berlanjut selama puluhan tahun lamanya, namun seolah tiada mata melihat.

Dampaknya kini sudah semakin mengkhawatirkan, dimana setiap volume air sungai bertambah akibat guyuran hujan deras, dinding sungai semakin tergerus dan menghantam sawah para warga.

Tidak hanya itu, dikhawatirkan akibatnya juga akan menyentuh perumahan warga disekitarnya. Kondisi kini, kedalaman sungai sudah mencapai kurang lebih 3 meter dari permukaan rumah penduduk sekitar. Sementara lebar sudah mencapai kurang lebih 20 meter.

Baca Juga : Video : Tambang Ilegal di Samosir, Siapa Peduli

Fatal, bahkan jalan rabat bangunan desa Panampangan yang bersumber dari uang negara itu sudah mulai pada kehancurannya dan akan memutus akses warga.

Akibat lain ditengah guyuran hujan deras hingga volume air sungai cukup besar yang terjadi pada 2018 lalu, ujung bangunan irigasi buang milik desa Pardugul yang baru saja usai dikerjakan turut patah dihantam arus sungai.


Video ini, pertambahan volume air sungai dalam durasi 1 jam hujan mengguyur. (H Rey S)

Narkoba Dan Obat Terlarang Adalah Racun Mematikan.
Mari Bersama Kita Selamatkan Generasi Bangsa Ini Dari Bahaya Narkoba Dan Obat-obatan Terlarang Lainnya.


TRENDING TOPIKMore