Seputar Bona Pasogit Samosir

Kawasan Danau Toba, Samosir


Bantu Tekan Subscribe 🙏

SAMOSIR

Hektaran Padi Di Samosir Terancam Gagal Panen

SEPUTAR BONA PASOGIT SAMOSIR
Sabtu 12 2016, 15:30 WIB
Last Updated 2016-03-12T08:33:08Z

Samosir, Kupas Tuntas

Akibat kemarau yang sudah hampir satu bulan lamanya, Hektaran padi di Samosir terancam gagal panen untuk tahun ini. Masyarakat samosir juga takut, selain karena kemarau, gagal panen juga diakibatkan oleh hama wereng.

Hal tersebut diakui oleh beberapa warga Desa Pardugul saat ditemui Kupas Tuntas, Senin (7/3). Salah satu warga A. Agus Sitanggang menuturkan, bahwa mereka kawatir akan hama yang akan menyerang padi mereka seperti wereng.

"Untuk tahun ini, kami warga kawatir akan gagal panen. Selain karena kemarau panjang, juga mengkhawatirkan datangnya serangan hama wereng. Kami hanya berharap hujan segera turun dan kedepan pemerintah kabupaten samosir, bisa menemukan solusi untuk mengatasi gagal panen akibat kemarau yang terjadi hampir setiap tahunnya menimpa para petani" ujar A. Agus Sitanggang

Ditempat terpisah, beberapa warga lainnya sangat menyayangkan keberadaan Pompanisasi milik desa Pardugul tidak dioperasikan. Padahal ratusan rante ladang padi masyarakat sudah sangat membutuhkan air.

Pantauan Kupas Tuntas, Senin (7/3) di Desa Pardugul, sebagian besar padi milik warga sudah membuahi. Jika dalam waktu dekat hujan tidak turun dan tidak dilakukan tindakan penyemprotan untuk mengairi sawah, maka besar kemungkinan gagal panen akan menimpa warga.

Jika gagal panen sampai terjadi,  kerugian yang dialami warga jika dihitung mulai dari biaya hand tractor, biaya tanam, pemupukan sampai pembelian jala untuk mengatasi serangan burung pemakan padi, cukup besar. Gagal panen juga mengancam warga Desa Harapohan, Lumban Suhi Dolok dan Kecamatan Palipi.

Sementara itu, informasi yang dihimpun Kupas Tuntas melalui Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Samosir Erkanus Simbolon saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (8/3) mengatakan, bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon sudah memerintahkan untuk mendata seluruh desa yang mengalami kekeringan dan data seluruh Desa yang mengalami kekeringan akibat kemarau yang terjadi di Samosir, sudah sampai kepada bupati. (Helbos)

Ket Foto : Ratusan rante sawah warga Desa Pardugul tampak seluruhnya sudah dipasangi jala.

TRENDING TOPIKMore