Seputar Bona Pasogit Samosir

Kawasan Danau Toba, Samosir


Bantu Tekan Subscribe 🙏

SAMOSIR

Benahi 5 Embung, Marhuale Simbolon Juga Berikan Beasiswa di Parmonangan

SEPUTAR BONA PASOGIT SAMOSIR
Jumat 17 2020, 16:31 WIB
Last Updated 2020-01-17T09:36:01Z
Embung Huta Begedungan, Dusun II, Desa Parmonangan.
Samosir, Bona Pasogit

Warga Desa Parmonangan, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, sangat mengapresiasi perhatian besar Marhuale Simbolon salah satu Bakal Calon (Balon) Bupati Samosir periode 2020-2024. Jauh sebelum Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang rencananya digelar pada September mendatang, Marhuale Simbolon sudah memberikan perhatian besar dengan membenahi 5 embung kebutuhan pertanian dan air minum, juga beasiswa bagi anak berprestasi di Desa Parmonangan.

"Perbaikan embung ini sudah dilakukan pada bulan Oktober 2019 lalu oleh Bapak Marhuale Simbolon," tutur Jogor Simbolon (59) saat disambangi Bona Pasogit, Jumat (17/01/2020) di Huta Begedungan, Dusun II, Desa Parmonangan, lokasi salah satu embung berukuran panjang 46 meter, lebar 31 meter yang sudah dibenahi dengan melakukan pengorekan menggunakan alat berat ekskavator.
Jogor Simbolon (baju merah).
Sebelumnya, kata Jogor, embung Huta Begedungan yang mampu menyuplai air pertanian dan air minum untuk kebutuhan kurang lebih 20 Kepala Keluarga (KK) merupakan bangunan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) TA 2012, namun tidak lagi berfungsi dengan baik.

"Memang ini bangunan PNPM pada tahun 2012 lalu, namun karena kondisi benteng embung sudah banyak yang bocor dan semakin dangkal, sehingga pada saat Bapak Marhuale Simbolon berkunjung kesini, kita usulkan untuk diperbaiki, dan langsung terlaksana," terang Jogor.

Ia juga menyampaikan, selain embung di Huta Begedungan, 4 embung lainnya, yakni embung di Huta Siandor-andor Dusun III, embung di Huta Sitanggang Dusun I, embung Robean Dusun I, embung Kompleks Sekolah Dasar (SD) 16 Parmonangan Dusun II, Desa Parmonangan yang kondisinya kurang berfungsi dengan baik, kini sudah dibenahi melalui bantuan Marhuale Simbolon.
Embung Kompleks SDN 16 Parmonangan.
Sebagai warga Desa Parmonangan, kita patut berterima kasih kepada Bapak Marhuale Simbolon karena telah banyak membantu, secara khusus dari sisi pertanian. Kami sangat bangga bisa memiliki Bakal Calon Bupati seperti itu, belum jadi Bupati sudah membangun dan berpihak kepada para petani," puji Jogor.

Sambung Jogor, khusus embung Huta Begedungan, walau sudah dilakukan perbaikan, tapi masih butuh perbaikan lanjutan. "Kita berharap kepada Bapak Marhuale Simbolon, agar pondasi embung ini dibangun kembali. Karena perbaikan kemarin hanya sebatas pengorekan, sehingga air belum bertahan dalam bendungan akibat pondasi yang masih bocor," tutup Jogor Simbolon.

Apresiasi kepada Marhuale Simbolon juga disampaikan Mangoloi Situmorang (60), warga Huta Begedungan, Dusun II, Desa Parmonangan, atas pemberian beasiswa terhadap anak berprestasi, termasuk putrinya Sartika P Situmorang (22) yang saat ini masih menjalani kuliah disalah satu Universitas di Sumatra Utara.

"Bukan karena Bapak Marhuale Simbolon bakal calon bupati Samosir sehingga saya secara pribadi menyampaikan apresiasi yang tinggi atas berbagai bantuan yang sudah diberikan kepada kami warga Desa Parmonangan, tetapi memang Bapak Marhuale Simbolon sudah berbuat sebelumnya. Bukti nyata, putri saya dapat beasiswa dari Bapak Marhuale Simbolon. Untuk itu, saya berdoa dan sangat mendukung Bapak Marhuale Simbolon menjadi bakal calon bupati Samosir," ucap Mangoloi Situmorang.

Ia juga menuturkan, selain putrinya, masih ada dua orang lagi anak berprestasi dari Desa Parmonangan dan saat ini masih dibangku perkuliahan, turut mendapat beasiswa dari Marhuale Simbolon, yaitu Eko Mardongan Hutajulu (22) dan Rohaya Siringo-ringo (20). (H rey S)

Narkoba Dan Obat Terlarang Adalah Racun Mematikan.
Mari Bersama Selamatkan Generasi Bangsa Ini Dari Bahaya Narkoba Dan Obat-obatan Terlarang Lainnya.

TRENDING TOPIKMore