Seputar Bona Pasogit Samosir

Kawasan Danau Toba, Samosir


Bantu Tekan Subscribe 🙏

SAMOSIR

Marhuale Simbolon Bangun Bak Air Kapasitas 60 M3 Untuk Warga Salaon Toba

SEPUTAR BONA PASOGIT SAMOSIR
Selasa 14 2020, 18:10 WIB
Last Updated 2020-07-09T02:37:48Z


Samosir, Bona Pasogit

Salah satu Bakal Calon (Balon) Bupati Samosir Periode 2020-2024 Marhuale Simbolon, jauh sebelum hari H Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada September mendatang, bangun bak air untuk kebutuhan air bersih warga Sosor Pandiangan, Dusun III, Desa Salaon Toba, Kecamatan Ronggurnihuta, Samosir dengan kapasitas tampung 60 m3.

Warga sekaligus tukang, Pak Anju Simbolon (50) kepada Bona Pasogit, Selasa (14/01/2020) dilokasi pembangunan menjelaskan, bak yang kini masih dalam tahap pengerjaan sanggup memenuhi kebutuhan air bersih untuk 30 Kepala Keluarga (KK), antisipasi ancaman musim kemarau.

"Ini bantuan dari Bapak Marhuale Simbolon salah satu bakal calon bupati Samosir, agar kami bisa menikmati air bersih saat musim kering. Dan ini murni permintaan kami saat Bapak Marhuale berkunjung ke Salaon Toba," jelas Pak Anju.
Ia juga menyampaikan, Marhuale, selain membangun bak air, juga akan memberikan pompa penghisap air untuk mengisi bak. Kemudian pipa salur ke setiap rumah pengguna. "Anggarannya dari Bapak Marhuale Simbolon, kami kerjakan secara swadaya," sebutnya.

Ia jelaskan lebih lanjut, sumber air untuk mengisi bak, akan disedot dari Peaporohan salah satu objek wisata yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Salaon Toba. "Makanya butuh mesin penyedot air, dan itu juga akan diberikan Bapak Marhuale Simbolon," ucapnya.

Atas perhatian Marhuale Simbolon yang respon cepat akan kebutuhan mereka, Pak Anju Simbolon menyampaikan terima kasih dan menyatakan sikap siap mendukung Marhuale Simbolon maju sebagai Balon Bupati Samosir.

"Kita patut menyampaikan terima kasih banyak kepada Bapak Marhuale Simbolon, karena sudah lebih dulu berbuat untuk kami sebelum berjanji. Untuk itu, kami sudah berkomitmen untuk mendukung sepenuhnya Bapak Marhuale Simbolon maju sebagai Balon Bupati Samosir," ucap Pak Anju.

Dirinya tidak menyebutkan berapa besar anggaran pembangunan bak air bersih hingga tuntas dan dapat dinikmati warga Salaon Toba. "Kalau besaran biaya hingga tuntas, kita tidak tau. Tapi Bapak Marhuale Simbolon siap memberikan apapun kebutuhan pembangunan hingga tuntas dan dapat kami nikmati," tutur Pak Anju.
Lanjutnya, setelah bak siap dibangun, nantinya warga Sosor Pandiangan, Dusun III, Salon Toba tidak lagi membeli air bersih disaat musim kering atau kemarau. "Selama ini, bila kemarau tiba, kami harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 150.000 membeli air bersih untuk kebutuhan satu bulan, kalau cukup. Jadi dengan dibangunnya bak air, selain kebutuhan akan air bersih terpenuhi, biaya pengeluaran juga berkurang. Untuk itu, sekali lagi, kami patut berterima kasih kepada Bapak Marhuale Simbolon dan siap mendukungnya," tutupnya. (H Rey S)

Narkoba Dan Obat Terlarang Adalah Racun Mematikan.
Mari Bersama Selamatkan Generasi Bangsa Ini Dari Bahaya Narkoba Dan Obat-obatan Terlarang Lainnya.

TRENDING TOPIKMore