Seputar Bona Pasogit Samosir

Kawasan Danau Toba, Samosir


Bantu Tekan Subscribe 🙏

SAMOSIR

Purnawirawan Adyaksa Kejari RI Berwisata Ke Samosir

SEPUTAR BONA PASOGIT SAMOSIR
Sabtu 26 2016, 19:28 WIB
Last Updated 2016-03-26T12:28:34Z

Rombongan purnawirawan Adyaksa foto bersama di lokasi wisata Sigale - gale.


Samosir, Kupas Tuntas

Samosir sebagai daerah pariwisata semakin banyak dikunjungi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Kali ini rombongan Purnawirawan Adyaksa Golf Klub Kejaksaan RI melakukan kunjungan wisata ke Kabupaten Samosir, Rabu (16/03). Kunjungan ini mereka namakan touring purnawirawan golf klub kejaksaan RI (Parapat-Samosir).

Rombongan disambut hangat Kejari Pangururan, Edward Malau, SH bersama Kadis Pariwisata Drs. Ombang Siboro dan Kabag Humas Lemen Manurung, S.Pd. Beberapa lokasi wisatapun dikunjungi, diantaranya Makam Raja Sidabutar di Tomok.

Ditempat ini rombongan dengan menggunakan ulos mendapat keterangan dari guide tentang sejarah makam Raja Sidabutar. Makam Raja Sidabutar terbuat dari batu besar yang dibentuk dahulu kala dengan teknologi yang belum berkembang (manual) dan menjadi peti mati Raja Sidabutar.

Selanjutnya, rombongan menuju pertunjukan sigale-gale tak jauh dari makam Raja Sidabutar. Ditempat ini rombongan menyaksikan atraksi sigale-gale yang terbuat kayu yang juga mempunyai sejarah tersendiri. Sigale-gale pun menari bagaikan manusia menggerakkan tangan dan kepala. Diiringi gondang (musik tradisional) rombongan purnawirawan adyaksa ikut manortor (menari) melintasi sigale-gale. Merekapun menirukan gerakan tor-tor  batak yang sesungguhnya.

Rombongan Purnawirawan Adyaksa Kejati RI dijamu Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM untuk sekedar minum kopi di Hotel Toledo Inn Tuktuk Siadong-Kecamatan Simanindo. Hal ini merupakan sebagai tanda hormat dan keramahan kepada para tamu yang berkunjung ke Kabupaten Samosir. “Kami senang, bapak-bapak berkunjung ke Samosir, silahkan nikmati keindahan alam Samosir” kata Rapidin Simbolon.

Rapidin menjelaskan, samosir memiliki ragam wisata baik budaya maupun panorama alam, silahkan dinikmati, pemerintah dan masyarakat akan siap melayani. Rapidin Simbolon mengharapkan agar Purnawirawan Adyaksa memberikan perhatian dan masukan kepada Pemkab. Samosir demi perkembangan/ kemajuan kedepan sekaligus menceritakan keindahan alam Samosir kepada keluarga dan teman lainnya di Jakarta.

Sebagai ungkapan terima kasih Bupati Samosir, Rapidin Simbolon memberikan cindera mata berupa ulos kepada masing-masing rombongan dan sebuah kecapi (alat musik batak). Sebaliknya, rombongan purnawirawan memberikan logo purnawirawan  adyaksa kejari RI sebagai ungkapan terima kasih atas pelayanan Pemkab. Samosir.

DH. Panjaitan, salah satu dari Purnawirawan Adyaksa Kejati RI mengatakan puas melihat keindahan alam dan budaya yang dipertunjukkan. Ia berharap potensi-potensi yang ada dapat dikembangkan. (Helbos/hum)



Aku Bangga Jadi Anak Indonesia.

TRENDING TOPIKMore