Seputar Bona Pasogit Samosir

Kawasan Danau Toba, Samosir


Bantu Tekan Subscribe 🙏

PENDIDIKAN

Kebaktian SMAN 2 Parbaba Setiap Sabtu Diiringi Musik Tradisional

SEPUTAR BONA PASOGIT SAMOSIR
Jumat 22 2016, 16:57 WIB
Last Updated 2016-08-02T05:21:52Z
Foto siswa/i SMA Negeri 2 Parbaba, Jumat (22/07/2016) saat latihan untuk mengisi acara kebaktian sekolah.
Samosir, Bona Pasogit

Dalam rangka meningkatkan kerohanian siswa/i dan guru, dilaksanakan kebaktian di SMA Negeri 2 Parbaba, Kabupaten Samosir setiap hari Sabtu serta diiringi musik tradisional yang dibawakan oleh anak didik.

Demikian disampaikan Kepala Sekolah SMA N 2 Parbaba Jasudin Sinaga, S. Pd kepada wartawan saat bincang-bincang diruang kerjanya, Jumat (22/07/2016). Jasudin mengatakan, hal itu rutin dilaksanakan untuk meningkatkan keimanan siswa/i dan para guru.

"Upaya meningkatkan keimanan anak-anak dan guru, kita rutin melaksanakan kebaktian di sekolah setiap hari Sabtu. Lagu-lagu rohani yang dinyanyikan, diiringi oleh musik tradisional batak yang dimainkan oleh anak didik," kata Jasudin.

Setiap kebaktian sambung Jasudin, para guru bergantian untuk membawakan khotbah, dan dari 17 kelas di SMA 2, bergantian untuk membawakan lagu rohani dengan alat musik tradisional.

Terpisah Guru Seni SMA 2 Parbaba  Perri Sagala menyampaikan, anak didik SMA 2 banyak yang mampu memainkan alat-alat musik tradisional dan sudah banyak prestasi yang diraih dalam bidang seni.

"Anak SMA 2 sudah sering meraih juara saat mengikuti pertandingan seni musik tradisional dan tari ditingkat Kabupaten. Untuk lomba seni tari, dua tahun berturut-turut menjadi juara 1 tingkat Kabupaten," tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, berkat prestasi anak didik SMA 2, dirinya dan salah satu mantan siswinya Arta Ika Putri Sihaloho, pernah diundang ke Belanda mendampingi Bupati  pada tahun 2012 yang lalu mewakili indonesia untuk promosi produk-produk dari negara masing-masing, yang dihadiri oleh 32 negara.

Perri menambahkan, atas prestasi itu, pada tahun 2013 SMA 2 Parbaba mendapat hadiah berupa alat-alat musik tradisional seperti Gendang, Kecapi, Gitar, Seruling dan yang lainnya dari provinsi sumatera utara.

Yang terakhir sambung Perri, siswa SMA 2 meraih juara harapan satu pada lomba media tradisional tingkat provinsi pada bulan Maret lalu. Dan anak SMA Negeri 2 akan mengisi hiburan di Band Festival 2016 yang digelar di Pantai Indah Situngkir (PIS) pada hari Sabtu 23 Juli 2016. (Helbos)


Posted By Helbos Sitanggang

TRENDING TOPIKMore