Seputar Bona Pasogit Samosir

Kawasan Danau Toba, Samosir


Bantu Tekan Subscribe 🙏

PARIWISATA

Salut Bertaraf Internasional Diselenggarakan 17 September 2016 Di Samosir

SEPUTAR BONA PASOGIT SAMOSIR
Kamis 15 2016, 13:38 WIB
Last Updated 2020-12-05T09:43:41Z
Samosir Ultra (Salut) 17 September 2016 Di Kabupaten Samosir.
Samosir, Bona Pasogit

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya (Parsenibud) dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan ke Samosir, akan menyelenggarakan event Samosir Lake Toba Ultra (Salut) bertaraf Internasional, Sabtu 17 September 2016.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Parsenibud Samosir Ombang Siboro melalui Sekretarisnya Amon Sormin saat ditemui wartawan diruang kerjanya, Selasa (13/09/2016).

Dijelaskan, bahwa Salut kali merupakan event kelima dari rangkaian kegiatan Horas Samosir Fiesta, dengan konsep lari wisata di wilayah kaldera terbesar dunia di Danau Toba, dengan rute mengelilingi Gunung Pusuk Buhit.

Lebih lanjut, event ini bertujuan untuk mengajak para peserta dari berbagai penjuru dunia  menikmati pesona magis Kabupaten Samosir, baik alam, kesegaran udara, nilai sejarah maupun aktifitas budaya lokal termasuk suguhan musik dan tari tradisional oleh komunitas sanggar seni Samosir pada titik titik budaya yang akan memberi warna dan kesan tersendiri sepanjang rute atau lintasan lari.

Untuk start lintasan lari dan jumlah para peserta sambungnya, untuk start lintasan 5 Km akan dilakukan di Hotel Sitio-tio,  2,5 Km ke arah Desa Simullop Pulang Pergi (PP). Untuk 10 Km, dari Hotel Sitio-tio 5 Km ke arah Desa Simullop.

Untuk 25 Km, dari Hotel Sitio-tio ke simpang Aek rangat-Tanjung bunga-Boho-Simpang Limbong dan putar balik di depan Silinjuang-Simpang Limbong-Sipitu dai-Sarimarrihit-Ginolat-Siboro-Simullop dan kembali ke hotel Sitio-tio.

Sementara lintasan 50 Km, dari hotel Sitio-tio ke simpang Aek rangat-Tanjung bunga- Boho-Simpang Limbong-Simpang gotting-Kantor pos Harian dan putar balik ke simpang Gotting-Menara pandang, dan putar balik ke simpang Gotting-Simpang Limbong-Sipitudai-Sarimarrihit-Ginolat-Siboro-Simullop-dan hotel Sitio-tio.

Sedangkan jumlah peserta sebanyak 1.048 orang yang berasal dari 15 negara yaitu dari Indonesia, Malaysia, Jepang, United Kingdom, United States, India, Australia, New Zealand, Brazil, Singapore, Taiwan, Spain, France, Thailand, dan Zimbabwe.

"Kejuaraan ini masing-masing kategori baik putra serta putri akan  memperebutkan total hadiah Rp.125 juta, untuk 5 (Lima) pelari tercepat, dan kita optimis kegiatan ini akan berjalan dengan sukses," terangnya. (Helbos)


Narkoba dan Obat-obat terlarang adalah racun Generasi.

TRENDING TOPIKMore