Seputar Bona Pasogit Samosir

Kawasan Danau Toba, Samosir


Bantu Tekan Subscribe 🙏

SAMOSIR

Ini 4 Proyek Besar Untuk Samosir

SEPUTAR BONA PASOGIT SAMOSIR
Rabu 03 2017, 20:12 WIB
Last Updated 2017-05-03T13:12:19Z
Samosir, Bona Pasogit

Khusus untuk mendukung kemajuan pariwisata nasional di Kabupaten Samosir, Kabupaten Samosir mendapatkan 4 proyek besar dari pemerintah pusat, yang pembangunannya akan dimulai tahun ini dan berakhir tahun 2019.

"Khusus untuk mendukung kemajuan pariwisata nasional Kabupaten Samosir, kita mendapatkan 4 proyek besar dari pemerintah pusat, yaitu pembangunan ring road Samosir dan pembangunan ruas jalan Pangururan-Tele dengan memakan biaya sekitar Rp. 1,5 sampai Rp. 1,7 triliun. Ini sedang dilaksanakan dan akan berakhir tahun 2019," papar Bupati Samosir Rapidin Simbolon saat membuka Festival Gondang Naposo, Sabtu (29/04) lalu di Pasir Putih Parbaba.

Menurutnya, jika pembangunan itu selesai dengan baik sesuai jadwal yang telah ditentukan, maka terselesaikan lah infrastruktur dasar yang bisa mendukung pengembangan kawasan Samosir menjadi kawasan wisata bertaraf internasional.

Melalui kebijakan pemerintah pusat lanjutnya, akan dibangun dan akan diperlebar terusan Tano Ponggol menjadi terusan yang mempunyai roh, yang akan menjadi roh Kabupaten Samosir.

Rapidin menjelaskan, terusan Tano Ponggol akan diperlebar menjadi 100 meter dengan kedalaman air 20 meter, yang akan dikerjakan pada tahun ini dan selesai 2019. Pembangunan itu akan memakan biaya kurang lebih Rp. 300 miliar. "Pembangunan terusan Tano Ponggol dengan biaya kurang lebih Rp. 300 miliar, sudah siap dilelangkan, dan kemungkinan dalam bulan ini, kami akan menentukan penetapan lokasi," kata Rapidin.

Kemudian sambungnya, jembatan Tano Ponggol akan dibangun dengan bernuansa budaya kearifan lokal "Dalihan natolu" dan sedang dalam proses komisi jembatan nasional, karena menelan biaya kurang lebih Rp. 500 miliar, dan semua akan diselesaikan dalam multiyears 2019.

Disampaikan juga, Presiden RI Jokowi menjanjikan 2 Kapal Feri yang akan diberikan oleh Kementerian Perhubungan dan diberikan oleh ASDP. "Pada rapat terakhir, ini akan ditambah 2 lagi, sehingga Feri yang akan diberikan ke Kabupaten Samosir sebanyak 4 buah. Dan akan dibangun 2 Dermaga, yakni Dermaga Ambarita dan Dermaga Simanindo dengan masing-masing menelan biaya Rp. 50 miliar," jelasnya.

Rapidin yakin, jika semua itu terwujud dan selesai, maka Kabupaten Samosir akan bergerak lebih cepat dan bisa menuju Bali yang kedua. (Hreys)


Narkoba Dan Obat-obat Terlarang Adalah Racun Generasi.
Mari Bersama Selamatkan Generasi Bangsa Ini Dari Bahaya Narkoba Dan Obat-obat Terlarang Lainnya.

Foto terusan Tano Ponggol yang kini tidak dapat dilalui Kapal motor.

TRENDING TOPIKMore