Seputar Bona Pasogit Samosir

Kawasan Danau Toba, Samosir


Bantu Tekan Subscribe 🙏

SAMOSIR

Pesta Bolon Si Raja Sonang se-Dunia 2018

SEPUTAR BONA PASOGIT SAMOSIR
Jumat 10 2018, 22:58 WIB
Last Updated 2018-08-10T15:58:28Z
Ketum Si Raja Sonang Dr Juni Gultom foto bersama Bupati dan Wakil Bupati Samosir.

Samosir, Bona Pasogit

Pesta Bolon Pomparan (Keturunan-red) Raja Sonang/Si Oloan Boru Sitindaon, yaitu Gultom, Samosir, Harianja, Pakpahan dan Sitinjak, se-dunia tahun 2018, digelar selama 3 hari, mulai tanggal 8-10 Agustus, di Huta Raianiate, Kecamatan Onan Runggu, Kabupaten Samosir, berjalan dengan baik.


Pesta tugu, digagas oleh Oppung (Op) Basar Gultom dengan M. Alboinsyah Gultom sebagai Ketua Umum PERSADA Raja Sonang se-dunia, dan Dr Juni Gultom terpilih sebagai Ketua Umum (Ketum) Pesta Bolon Raja Sonang 2018.


Setelah kurang lebih atau hampir 650 tahun keberadaan Raja Sonang, maka dilaksanakan Pesta Bolon Raja Sonang se-dunia 2018 dan Pesta Budaya Batak. Dan, adapun jumlah keturunan Raja Sonang si Opat Anak, si Lima Marga yang ada di dunia ini, sudah mencapai 1,5 juta Jiwa. 


Pada hari kedua pelaksanaan, tepatnya, Kamis (9/8/2018), Pesta Bolon dan Pesta Budaya Raja Sonang, turut dihadiri Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Wakil Bupati Juang Sinaga dan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan, acara seperti itu bisa dibuat berkelanjutan untuk menggali kebudayaan orang Batak menjadi sebuah Pesta Budaya.

Bupati, dalam sambutannya, juga mengatakan, sangat mendukung acara Pesta Bolon dan Pesta Budaya si Raja Sonang yang akan menggali Budaya leluhur dan mendukung pariwisata di Samosir. 

"Kepada para perantau dari Pomparan si Raja Sonang, Pemerintah Kabupaten Samosir memohon dukungan berupa saran/masukan yang membangun dalam mewujudkan pembangunan Samosir," pinta Rapidin.

"Pembangunan di Kabupaten Samosir saat ini, patut kita syukuri. Sekitar 2 triliun anggaran dari pusat, telah digelontorkan untuk membangun jalan ring road Samosir, pelebaran alur Tano Ponggol, pembangunan jembatan Dalihan Natolu, dan pembangunan dermaga di Kabupaten Samosir. Untuk itu, kami mengharapkan kepada pomparan Raja Sonang, bila ada lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan, diserahkan dengan hati senang, karena diberikan juga ganti untung," tambah Bupati. 


Ketua Panitia Pesta Bolon Raja Sonang se-dunia, Juni Gultom, juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Samosir, yang telah mendukung penuh acara, mulai dari awal audiensi, hingga Pesta berlangsung.

"Kami sangat bersyukur dengan pembangunan di Kabupaten Samosir. Ini bukan hanya melangkah maju, tapi banyak lompatan gemilang. Kami dari Pomparan Raja Sonang, akan terus mendukung Pemerintah Kabupaten Samosir dan akan memberikan kontribusi sebisa mungkin," ucap Juni. (Hrey S)

Narkoba dan Obat Terlarang Adalah Racun Mematikan.
Mari Bersama Selamatkan Generasi Bangsa Ini Dari Bahaya Narkoba dan Obat-obatan Terlarang Lainnya.


TRENDING TOPIKMore