Seputar Bona Pasogit Samosir

Kawasan Danau Toba, Samosir


Bantu Tekan Subscribe 🙏

POLITIKSAMOSIRUMUM

Rakor Lintas Sektoral Operasi Mantap Praja Toba 2024 Digelar

SEPUTAR BONA PASOGIT SAMOSIR
Rabu 07 2024, 16:31 WIB
Last Updated 2024-08-07T09:31:10Z
Rakor Operasi Mantap Praja Toba 2024 lintas sektoral.

SAMOSIRRapat koordinasi lintas sektoral Operasi Mantap Praja Toba 2024 digelar, Rabu (7/8/2024) di Aula Pemerintah Kabupaten Samosir dalam rangka kesiapan pengamanan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2024.

Informasi Lainnya : 

Rakor dipimpin oleh Wakapolres Samosir, Kompol. Saut Tulus Panggabean, SH dan dihadiri oleh Asisten I, Drs. Tunggul Sinaga, Pabung Kodim 0210/TU, Kapten G Sebayang, Kasi Pidum Kejari Samosir, Didik Haryadi, Ketua KPU Kabupaten Samosir, Vincent Sitinjak, dan Komisioner Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Samosir, Rianto Nainggolan. 

Peserta rapat terdiri dari PJU Polres Samosir, para Kapolsek, Danramil, Camat, Kakan Kesbangpol, Dumosch Pandiangan, dan SatPol PP.

Membuka rapat, Kompol. Saut Tulus Panggabean menegaskan pentingnya koordinasi lintas sektoral untuk memastikan kesiapan semua pihak dalam menghadapi Pilkada 2024 di Kabupaten Samosir.

"Tahapan pilkada telah dimulai, sehingga perlu kita lakukan rapat koordinasi ini. Lewat rapat ini, kami berharap para peserta dapat memaparkan rencana  masing-masing dalam menghadapi Pilkada tahun 2024," ujarnya.

Informasi Lainnya : 

Kapten. G Sebayang dari Kodim 0210/TU menyampaikan kesiapan TNI dalam mendukung Operasi Mantap Praja Toba 2024 dan mengajak semua pihak untuk mendukung operasi tersebut agar Pilkada 2024 dapat berjalan lancar.

Asisten I juga menyampaikan dukungan penuh pemerintah daerah terhadap pengamanan Pilkada dan meminta semua Camat di Kabupaten Samosir untuk bekerja sama dan bersinergi dalam menghadapi Pilkada serentak 2024. 

"Kami juga memohon kepada institusi independen dan Bawaslu untuk meningkatkan sinergitas dengan Forkopimda," kata Tunggul.

Sementara Kasi Pidum Kejari Samosir, Didik Haryadi menyampaikan, dukungan kejaksaan dalam pelaksanaan Pilkada, kejaksaan akan mendampingi KPU Samosir dan melakukan counter terhadap berita-berita hoax.

Dikesempatan rapat, Kabag Ops Polres Samosir, AKP. Tito Juardi memaparkan berbagai aspek operasional terkait pelaksanaan Pilkada, termasuk dasar hukum, tahapan, struktur organisasi, dan rencana pengamanan.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Samosir, Vincent Sitinjak, memaparkan tahapan Pilkada dan proses pendaftaran calon bupati dan wakil bupati.

Dan Rianto Nainggolan dari Bawaslu Kabupaten Samosir menjelaskan dasar hukum dan tujuan pengawasan Pilkada.

Pada sesi diskusi, beberapa poin penting yang dibahas antara lain kewenangan pengamanan di TPS, distribusi logistik pemilu, potensi konflik, serta netralitas ASN, TNI, dan Polri.

Kompol. Saut Tulus Panggabean menutup rapat dengan menekankan profesionalisme dalam melaksanakan tugas pengamanan Pilkada 2024.

"Pilkada 2024 merupakan agenda nasional, sehingga kami harapkan seluruh petugas melaksanakan tugas dengan profesional. Dan TNI-POLRI siap melaksanakan pengamanan untuk menciptakan Pilkada 2024 yang aman dan kondusif," tutupnya.

Pejabat Sementara Kasi Humas Polres Samosir, Brigpol. Vandu P. Marpaung menyampaikan, rapat koordinasi lintas sektoral selesai pada pukul 12.15 WIB dengan kesiapan yang matang.

Informasi Lainnya :

Lewat rapat telah diketahui kekurangan masing-masing instansi yang perlu dipersiapkan dengan baik.

"Hingga saat ini, yang menjadi kerawanan yang timbul adalah kerawanan lokasi TPS, kerawanan yang timbul akibat jarak tempuh dan kerawanan gangguan alam," terang Vandu.

Ia juga menyampaikan, Polres Samosir juga akan meminta bantuan personel dari Polda Sumut, khususnya dari Brimob untuk bantuan pengamanan penanganan situasi kontijensi. (H. Ari)

NARKOBA DAN OBAT TERLARANG ADALAH RACUN MEMATIKAN.
MARI BERSAMA KITA SELAMATKAN GENERASI BANGSA INI DARI BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA DAN OBAT-OBATAN TERLARANG LAINNYA.

TRENDING TOPIKMore