Seputar Bona Pasogit Samosir

Kawasan Danau Toba, Samosir


Bantu Tekan Subscribe 🙏

POLITIKSAMOSIRUMUM

Kapolres Samosir Hadirkan Seluruh Elemen Penting di Cooling System Pilkada Damai 2024

SEPUTAR BONA PASOGIT SAMOSIR
Rabu 18 2024, 18:24 WIB
Last Updated 2024-09-18T11:24:48Z
Kegiatan cooling system Polres Samosir yang dipimpin langsung oleh Kapolres, AKBP. Yogie Hardiman, SH, S.I.K, MH.

SAMOSIRDalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dimasa tahapan Pilkada serentak 2024, Kapolres Samosir, AKBP. Yogie Hardiman, SH, S.I.K, MH, memimpin kegiatan cooling system di Aula AE. Manihuruk, Desa Lumban Suhi-suhi, Kecamatan Pangururan, Rabu (18/9/2024) dengan menghadirkan seluruh elemen penting dari masyarakat, yang bertujuan untuk menciptakan suasana damai selama pelaksanaan Pilkada damai tahun ini.

Informasi Lainnya : 

Acara dihadiri oleh berbagai pejabat penting, yaitu Asisten III, Arnold Sitorus, Dandim 0210/TU diwakili oleh Pabung, Kapten. G. Sebayang, Kajari Samosir, Karya Graham Hutagaol, Ketua KPU dan Bawaslu Kabupaten Samosir.

Turut hadir juga pengurus partai politik di Kabupaten Samosir, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dari desa dan kecamatan se-Kabupaten Samosir, Forkopimca se-Kabupaten Samosir, pejabat utama Polres Samosir, Wakil Sekretaris  FKUB Kabupaten Samosir, Mukmin Limbong, S.Ag, Kakankesbangpol, Sumpah Pandiangan dan personel Polres Samosir.

Kapolres Samosir, AKBP. Yogie Hardiman menjelaskan, bahwa cooling system adalah kegiatan wajib Polri untuk mendinginkan suasana politik dimasa tahapan pilkada serentak 2024 yang sedang berlangsung.

Ia berharap, dengan pelaksanaan kegiatan ini, situasi Kamtibmas di Kabupaten Samosir dapat terjaga aman dan damai dengan dukungan dari Forkopimda, Forkopimca, penyelenggara Pilkada, elemen masyarakat dan pengurus partai politik.

Kapolres juga menggarisbawahi kesiapan Polres Samosir dalam menghadapi berbagai tantangan yang mungkin muncul.

Di kegiatan tersebut, Asisten III, Arnold Sitorus menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Samosir siap memberikan dukungan penuh kepada semua stakeholder dalam rangka suksesnya pelaksanaan Pilkada.

Informasi Lainnya : 

Ia juga menekankan perlunya menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pemerintah desa selama tahapan Pilkada serasa menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Samosir juga sudah membentuk Tim Desk Pilkada 2024 Kabupaten Samosir.

Kajari Samosir, Karya Graham Hutagaol, menyatakan, menyambut baik kegiatan cooling system yang digelar Polres Samosir. 

"Salut Buat Kapolres Samosir yang melaksanakan kegiatan cooling system ini dengan mempertemukan seluruh unsur penyelenggaraan Pilkada," ujar Kajari.

Ia menyebut, bahwa pentingnya keterlibatan semua unsur Forkopimda dalam menjaga Kamtibmas dan menciptakan suasana yang harmonis menjelang Pilkada.

Ia juga mengingatkan adanya Sentra Gakkumdu yang bertugas menangani pelanggaran selama pemilihan.

Singkat, Pabung Kodim 0210 TU juga menyampaikan, bahwa TNI wajib bersikap netral dalam penyelenggaraan Pemilu/pilkada sesuai amanah reformasi internal TNI dalam UU no 34 tahun 2004.

Ketua KPU dan Bawaslu Samosir, juga memberikan apresiasi atas pelaksanaan cooling system tersebut, dengan harapan dapat menciptakan harmoni di antara semua elemen masyarakat.

Dari sisi pengawasan, pihak penyelenggara menekankan pentingnya pengawasan yang ketat selama tahapan kampanye.

"Karena sampai saat ini, sudah ada beberapa laporan yang masuk ke Bawaslu Kabupaten Samosir yang diduga terkait pelanggaran Pilkada serentak tahun 2024 ini," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Samosir, Robinson Simarmata.

Wakil Sekretaris FKUB Kabupaten Samosir, Mukmin Limbong, S. Ag, turut mengapresiasi upaya besar Kapolres Samosir yang mempertemukan seluruh elemen penyelenggara dalam pelaksanaan Pilkada tahun 2024 di Kabupaten Samosir, dengan harapan Pilkada tahun ini dapat berlangsung dengan sehat.

Kegiatan ditutup dengan pernyataan Kapolres Samosir, dimana hingga saat ini tidak ditemukan adanya keributan atau konflik yang terjadi didunia nyata yang diakibatkan suhu politik yang berbanding terbalik di media sosial.

"Oleh sebab itu, saya mengajak semua pihak untuk tidak terprovokasi oleh informasi yang beredar di media sosial. Mari kita bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas, demi terpilihnya pemimpin yang mencintai dan dicintai masyarakat," kata Kapolres.

Kapolres juga menegaskan, bahwa seluruh peserta yang hadir dalam pelaksanaan cooling system itu bertanggungjawab untuk mensukseskan Pilkada serentak 2024.

"Untuk itu, mari saling berbagi informasi agar kita dapat mencegah timbulnya gangguan demi kelancaran penyelenggaraan Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Samosir yang damai," tutup AKBP. Yogie Hardiman.

Pelaksanaan cooling system berlangsung dalam suasana aman kondusif yang diakhiri dengan foto bersama dan makan siang bersama.

Kepada media, Pejabat Sementara Kasi Humas Polres Samosir, Brigpol. Vandu P. Marpaung menyampaikan, kegiatan cooling system Ini dipimpin oleh Kapolres Samosir itu, bertujuan untuk menciptakan Pilkada yang damai 2024, khususnya di Kabupaten Samosir.

Informasi Lainnya : 

"Tentu dengan dukungan dari pengurus partai politik, Forkopimda, Forkopimca, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat Kabupaten Samosir dari Desa, Kecamatan dan Kabupaten," kata Brigpol. Vandu P. Marpaung. (H. Ari)

NARKOBA DAN OBAT TERLARANG ADALAH RACUN MEMATIKAN.
MARI BERSAMA KITA SELAMATKAN GENERASI BANGSA INI DARI BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA DAN OBAT-OBATAN TERLARANG LAINNYA.

TRENDING TOPIKMore