Seputar Bona Pasogit Samosir

Kawasan Danau Toba, Samosir


Bantu Tekan Subscribe 🙏

SAMOSIR

Dinas Perhubungan Provsu Uji Coba Kapal Sumut II

SEPUTAR BONA PASOGIT SAMOSIR
Sabtu 13 2015, 18:37 WIB
Last Updated 2018-07-21T14:44:52Z

Samosir, Bona Pasogit
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara, Anthony Siahaan mengujicoba Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Sumut II dengan rute dermaga Sipinggan, Kecamatan Nainggoan, ke dermaga Onan Runggu kemudian ke dermaga Balige. Uji coba itu dilakukan satu hari penuh, dan mengukur berapa untuk jarak dermaga Nainggolan ke Onan Runggu kemudian ke Balige. Seperti disampaikan Anthony kepada wartawa, Jumat (12/6).

Soal fokus rute Onan Nunggu-Balige, Anthony mengaku pihaknya masih melakukan analisa. "Operasionalnya kan masih disubsidi, jadi masih sebatas uji coba, di sinilah sangat perlu kajian rute segitiga ini,"katanya.

Saat ditanyai apakah ada penambahan Kapal Ferry, dan penambahanan jadwal keberangkatan KMP Sumut I yang dioperasikan PT Pembangunan Prasarana Sumut di Simanindo, Anthony menjelaskan, agar masyarakat turut serta menyurati Kemenhub-RI. "Sebenarnya, kami sudah memikirkan itu, termasuk saat hari libur. Namun semuanya harus dianalisa lebih dahulu", jelasnya.

Sementara itu, Wakil bupati Samosir Rapidin Simbolon mengatakan, dermaga Onanrunggu sejak selesai dibangun belum juga dioperasikan. Selain itu, tidak ada koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Tobasa dan Taput. "Masalah ini harus difinalkan", tandasnya.

Rapidin menambahkan, saat lebaran tiba,  semestinya rute ini harus beroperasi dan tentunya kerja sama ini berlanjut. Subsidi dari pemerintah Rp1,2 triliun untuk pengoperasian dua unit KMP di kawasan Danau Toba dan merupkan kebutuhan sangat mendasar untuk mengejar ketinggalan. Dan meyakini dengan kehadiran KMP Sumut ini akan menggerakkan potensi ekonomi.

Mengenai kerja sama dengan Pemkab di kawasan Danau Toba, Rapidin mengatakan, pihaknya akan melakukan pertemuan dengan daerah berkaitan. Tujuannya untuk kunjungan wisata ke Samosir. Karena setiap tahun ada peningkatan dan pemerintah kabupaten optimis kerja sama ini akan tetap berlanjut demi kemaslahatan masyarakat,"kata Rapidin.

Sebelumnya, Kadis Perhubungan Provsu Anthony Siahaan, Wabup Rapidin Simbolon didampingi Kadis Perhubungan Kominfo Samosir Dosiraja Simarmata, Kadis Pendidikan Marulak Malau, Kepala BPBD Jaingot Banjarnahor, Kabag Umum Rudi Siahaan, memberikan bantuan alat pelampung kepada masyarakat sekitar dermaga Sipinggan Nainggolan.(Helbos Sitanggang)








TRENDING TOPIKMore