Seputar Bona Pasogit Samosir

Kawasan Danau Toba, Samosir


Bantu Tekan Subscribe 🙏

SAMOSIR

Dinas Pendidikan Samosir Gelar Perayaan Pra Paskah Tahun 2016

SEPUTAR BONA PASOGIT SAMOSIR
Jumat 01 2016, 22:25 WIB
Last Updated 2016-04-01T15:25:01Z
Bupati Samosir membasuh kaki wakil bupati Ir. Juang Sinaga dan kepala dinas Pendidikan Drs. Marulak Malau, M. Si.

Samosir, Kupas Tuntas

Untuk pertama kalinya, keluarga besar dinas Pendidikan Kabupaten Samosir menggelar Perayaan Pra Paskah Tahun 2016, bertempat di Terminal Onan Baru Pangururan, Kamis (24/03) dan dihadiri bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM, wakil bupati Samosir Ir. Juang Sinaga, Plt. Sekdakab Tombor Simbolon, SH, MM, Ketua dan Wakil Ketua TP. PKK, Pejabat Eselon II dan III.

Turut hadir keluarga besar Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir yang berkisar 2.061 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru TK, SD, SMP dan SMA, serta perwakilan siswa dari beberapa sekolah.

Sebagai pengkhotbah pada perayaan, hadir Pastor Elio Sihombing, OFMCap dengan mengangkat Tema “Ia Telah Menjadi Keselamatanku", (Mazmur 118 :14). Mengajarkan sebuah keteladanan Yesus sebagai seorang pemimpin yang taat dan melayani dengan penuh kasih.

Dalam khotbahnya dikatakan, dibeberapa negara di Timur Tengah, pembasuhan kaki merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh tuan rumah kepada tamunya, sebagai wujud dari sebuah penghormatan. Namun, didalam Injil dituliskan, ketika Yesus sebelum ditangkap kemudian disalibkan, Yesus sendiri membasuh kaki keduabelas muridnya.

Hal ini menggambarkan, Yesus mengasihi sekaligus memberikan penghormatan yang mendalam kepada muridnya dan suatu keteladanan yang baik sebagai seorang pemimpin yang memiliki kerendahan hati.

Melalui perayaan itu, Pastor berharap kepada seluruh yang hadir, agar mencontoh keteladanan Yesus yang melayani dengan kasih, tulus dan iklas, serta menghormati dalam segala perbedaan yang ada di masyarakat.

Ada yang menarik dalam perayaan ini, dimana pemimpin ibadah Pastor Deo Gratias Manalu, OFMCap membasuh kaki bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM, yang selanjutnya bupati Samosir membasuh kaki 12 orang jemaat yang hadir. Diantaranya wakil bupati Samosir Ir. Juang Sinaga, Kadis Pendidikan Drs. Marulak Malau, MSi, dan beberapa perwakilan tenaga pendidik.

Bupati dalam sambutannya, mengapresiasi  dinas Pendidikan Kabupaten Samosir yang menginisiasi perayaan Pra Paskah itu. "Hal ini merupakan suatu perubahan yang baik khususnya di dunia pendidikan dalam menciptakan perubahan karakter, sikap dan perilaku kearah yang lebih baik sebagai manusia yang melayani, bukan untuk dilayani", kata Rapidin Simbolon.

Beliau juga merasa bangga dan terharu, karena bertepatan pada saat perayaan pra paskah itu, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, memberikan piagam penghargaan terhadap Kabupaten Samosir yang meraih Indeks Integritas Penyelenggaraan Ujian Nasional secara Nasional yang memiliki indeks integritas diatas 80 pada Tahun 2015, atas nama SMP Satu Atap Negeri 2 Sianjur Mulamula  dengan indeks 80,28, dan atas nama SMP Satu Atap Negeri 2 Onan Runggu dengan indeks 80,37.

Rapidin mengatakan, penghargaan ini menggambarkan pentingnya nilai kejujuran dalam kehidupan, seraya mengajak hadirin untuk menanamkan nilai integritas di tengah-tengah masyarakat luas.

Diakhir sambutannya, Bupati Samosir  mengajak seluruh SKPD dan warga masyarakat Kabupaten Samosir, untuk memupuk kebersamaan dan bahu membahu membangun Kabupaten Samosir kearah yang lebih baik, dengan meneladani cinta dan kasih Tuhan Juru Selamat Yesus Kristus. (Helbos)



Aku Bangga Jadi Anak Indonesia.

TRENDING TOPIKMore