Seputar Bona Pasogit Samosir

Kawasan Danau Toba, Samosir


Bantu Tekan Subscribe 🙏

SAMOSIR

Menteri Koperasi dan UKM RI Kunker Ke Kabupaten Samosir

SEPUTAR BONA PASOGIT SAMOSIR
Jumat 08 2016, 12:32 WIB
Last Updated 2016-04-08T05:32:38Z
Menteri Koperasi dan UKM RI AAGN Puspayoga foto bersama dengan masyarakat.

Samosir, Kupas Tuntas

Pemerintah Kabupaten Samosir beserta jajarannya dan tokoh- tokoh masyarakat, menyambut hangat
kedatangan Menteri Koperasi dan UKM RI Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dalam rangka kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Samosir, Jumat (01/04).

Kunjungan kerjanya di Samosir berlangsung dua hari dan upacara Kenegaraan berlangsung bertempat di pelataran halaman Hotel Grand Dainang Aekrangat Kelurahan Siogung-ogung, Kecamatan Pangururan, Sabtu (02/04).

Pada kesempatan itu, bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon bersama Ketua DPRD Samosir Rismawati Simarmata dan Tokoh masyatakat, memberikan souvenir berupa seperangkat pakaiaan khas Batak kepada Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga di Hotel Grand Dainang.

Saat upacara, dalam arahannya menteri menyampaikan berbagai program kementerian bidang Koperasi dan UKM yang dapat diperoleh para kelompok koperasi/usaha kecil menengah di Kabupaten Samosir, termasuk optimalisasi pemanfaatan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dana pinjaman bank dengan bunga ringan.

Seusai upacara, Puspayoga juga melakukan pertemuan dengan para Pelaku Koperasi-Usaha Kecil Menengah, yang diikuti dengan penyerahan Program-program Strategis Kementerian KUKM.

Tidak hanya itu, kunjungan kerja menteri juga dirangkai dengan kunjungan tatap muka langsung ke sentra kegiatan KUKM binaan tenun kain tradisional Ulos, yang berada di Desa Lumbansuhi-suhi Toruan, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir.

Adapun agenda lainnya yang dilakukan Menteri Koperasi dan UKM RI dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Samosir, yaitu pemberian Nomor Induk Koperasi kepada Koperasi yang aktif dan sehat di Kabupaten Samosir.

Pemberian KUR melalui BRI, BNI dan Mandiri, pendelegasian kewenangan penerbitan IUMK dari Bupati Samosir kepada Camat. Kemudian memberi motivasi berusaha bagi para pelaku UMK, pengrajin tenun, dan penjelasan program-program strategis Kementerian Koperasi dan UKM RI.

Rapidin Simbolon menjelaskan, quota KUR di Samosir sudah habis terealisasi awal Maret lalu. "Kredit ini menjadi incaran pengusahan di Samosir. Untuk itu, mohon kepada pemerintah melalui Menteri Koperasi dan UKM, memberikan tambahan quota dana KUR untuk disalurkan kepada pengusaha UKM di Samosir", kata Rapidin Simbolon. (Helbos)



Aku Bangga Jadi Anak Indonesia.

TRENDING TOPIKMore