Seputar Bona Pasogit Samosir

Kawasan Danau Toba, Samosir


Bantu Tekan Subscribe 🙏

PARIWISATA

Warga Parlondut Dan Pardugul Bersatu Untuk Danau Toba

SEPUTAR BONA PASOGIT SAMOSIR
Jumat 12 2016, 14:31 WIB
Last Updated 2020-12-05T09:43:41Z
Peserta foto bersama usai gotong royong pembersihan pantai, Jumat (12/08/2016) di pantai Desa Parlondut.

Samosir, Bona Pasogit

Pemerintah Desa Parlondut dan Desa Pardugul, kerahkan warganya bersatu untuk Danau Toba melalui gotong royong pembersihan pantai dari sampah-sampah plastik yang bertebaran, serta didukung oleh Radio Samosirgreen 101.10 FM, Jumat (12/08/2016).

Pantauan wartawan, Kepala Desa Parlondut Torop Sitanggang didampingi Sekretaris Desa Robe Inden Sitanggang, BPD dan perangkatnya, serta puluhan masyarakat dan juga siswa/i Sekolah Dasar (SD) Negeri 28 Parlondut, sangat antusias mengikuti jalannya gotong royong pembersihan pantai.

Tidak hanya Parlondut, Kepala Desa Pardugul Gunawan Sinurat, didampingi ketua BPD Lister Sinurat, Kadus Sihol Sinurat dan masyarakat setempat, juga tampak bersemangat pada kegiatan berlangsung.

Clean Up pembersihan pantai Parlondut dan Pardugul sepanjang 1 Kilometer bersama PT. Radio Samosirgreen, rencananya akan menjadi agenda rutin. Semua itu demi Danau Toba yang Asri. Seperti disampaikan Kepdes Parlondut Torop Sitanggang.

"Kegiatan ini kita lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan Danau Toba. Bersama masyarakat, kita akan tetap melakukan kegiatan seperti ini, minimal sekali dalam sebulan," ucap Torop Sitanggang.

Senada dengan itu, Kepala Desa Pardugul Gunawan Sinurat juga menyampaikan, kegiatan kali ini merupakan lanjutan dari kegiatan dua minggu yang lalu. "Sebelumnya kita juga telah lakukan gotong royong pembersihan pantai, dan hari ini kita lanjutkan kembali. Kita juga telah merencanakan kegiatan ini berkelanjutan, sebagai bentuk pelestarian Danau Toba," ujarnya.

Masih dilokasi gotong royong, Dirut PT. Radio Samosirgreen Fernando Sitanggang, SH, MH yang turut mendukung clean up Danau Toba berlangsung mengatakan, pihaknya akan selalu siap mendukung, karena gotong royong berlangsung berkaitan dengan lingkungan.

"Selama ini, kita juga sering melakukan kegiatan yang sama. Tentu kegiatan seperti ini patut didukung. Dan kita siap memfasilitasi seperti pengadaan karung tempat sampah dan snack untuk peserta clean up," kata Fernando.

Ditambahkannya, kegiatan-kegiatan seperti itu perlu dilakukan secara berkesinambungan, untuk menjaga lingkungan Danau Toba tetap bersih. "Air Danau Toba adalah sumber kehidupan masyarakat Samosir, tentu harus kita jaga kebersihannya. Selain itu, Kabupaten Samosir akan jadi daerah wisata internasional, maka perhatian terhadap Danau Toba harus diseriusi," ucapnya.

Sesuai pengamatan wartawan, Jumat (12/08) sepanjang 1 Kilometer pantai Desa Parlondut dan Desa Pardugul, telah dibersihkan dari banyaknya sampah plastik yang bertebaran. Sampah dimasukkan kedalam karung dan diantarkan gerobak sampah milik Dinas Tarukim Kabupaten Samosir. (Helbos)



Narkoba dan Obat-obat terlarang adalah racun Generasi.

TRENDING TOPIKMore