Seputar Bona Pasogit Samosir

Kawasan Danau Toba, Samosir


Bantu Tekan Subscribe 🙏

SAMOSIR

Gerbang Swara Bersama BLH Provsu Dan Masyarakat Simanindo Clean Up Danau Toba

SEPUTAR BONA PASOGIT SAMOSIR
Sabtu 03 2016, 14:37 WIB
Last Updated 2016-12-03T07:37:03Z
Samosir, Bona Pasogit

Organisasi Kemasyarakatan Gerakan Membangun Swadaya Rakyat (Gerbang Swara) bersama Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Sumatera Utara dan masyarakat Simanindo Kabupaten Samosir, melakukan Clean Up Danau Toba untuk mendukung Kabupaten Samosir sebagai Destinasi wisata internasional, Sabtu (03/12/2016) berlokasi di pelabuhan Feri Simanindo-Tigaras.

Dijelaskan Ketua panitia pelaksana kegiatan yang sekaligus Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Gerbang Swara Kabupaten Samosir Marhan Simbolon, SH bahwa kegiatan itu diprakarsai oleh Gerbang Swara berkolaborasi dengan BLH Provsu, serta merupakan kegiatan bersama dari kita, untuk kita, oleh kita.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan bersama dari kita, untuk kita, oleh kita yang tentunya demi Danau Toba yang kita idamkan bersama menjadi icon wisata internasional. Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini, mendorong kita semua untuk tetap menjaga lingkungan kita tetap asri, dan Danau Toba yang lestari," jelas Marhan dalam sambutannya.

Clean Up berlangsung dihadiri langsung Ketua Umum Gerbang Swara Tasimin, MT dan di sambutannya mengatakan, semoga kegiatan itu memotivasi kita semua untuk tetap peduli terhadap Danau Toba, karena Danau Toba merupakan anugerah yang luar biasa yang Tuhan berikan.

"Sungguh memang Samosir adalah Negeri Indah Kepingan Surga. Danau Toba adalah anugerah terbesar yang diberikan Tuhan pada kita. Semoga kegiatan ini memotivasi kita semua untuk tetap peduli akan kelestarian Danau Toba," ujarnya.

Tasimin juga mengatakan, bahwa kita patut membanggakan dukungan pemerintah Pusat terhadap Danau Toba untuk menjadikannya sebagai destinasi wisata favorit Dunia.

Untuk itu sambungnya, kita besar, serta membesarkan anak cucu di Danau Toba, Kabupaten Samosir. Jangan sampai  Danau Toba luput dari perhatian kita. "Kita ingin Danau Toba jadi kebanggaan Indonesia kedepan. Ketika setiap orang baik dari dalam maupun luar Indonesia bicara Indonesia, yang terngiang di pikiran mereka adalah Danau Toba. Kegiatan ini baru awal, kita akan laksanakan secara berkelanjutan," tutup Tasimin.

Kepala Tata Usaha UPT. Pengelola Kwalitas Air Danau Toba (PKA DT) BLH Provsu Donal L.F. Rajagukguk, ST mewakili  Kepala UPT. PKA Danau Toba, Fauzi Ibsa Tarigan, SKM, M.Si juga menyampaikan, semoga dengan kegiatan berlangsung masyarakat setempat semakin terdorong untuk peduli terhadap lingkungan Danau Toba dan lingkungan masing-masing.

Terlaksananya kegiatan turut didukung Kepdes Simanindo J. Sihaloho. "Kita mendukung, menyambut baik serta mengapresiasi kegiatan Clean Up ini yang di inisiasi Gerbang Swara, karena hal ini merupakan sebuah gebrakan untuk mendukung program pemerintah Pusat mewujudkan Samosir sebagai icon wisata internasional," katanya.

Senada, Camat Simanindo Parissan Lumbangaol juga mengapresiasi kegiatan yang digelar, dan menyampaikan bahwa pihak kecamatan sangat mendukung adanya kegiatan itu. Karena Simanindo memang merupakan objek wisata.

"Dari pihak kecamatan, kami tentu sangat mendukung kegiatan ini, dan kami juga berharap dukungan dari semua pihak untuk kegiatan serupa, agar kedepan Kabupaten Samosir menjadi icon wisata internasional sesuai keinginan kita bersama," ucap Parissan.

Lebih lanjut Parissan menyampaikan, pada bulan-bulan sebelumnya, pihaknya juga melaksanakan hal yang sama, yaitu Clean Up Danau Toba, penanaman pohon dengan melibatkan banyak pihak yang peduli Danau Toba, peduli lingkungan.

"Kita berharap, jelang libur Natal yang sudah semakin dekat, kita persiapkan diri untuk terus melakukan pembersihan lingkungan. Gerbang Swara juga kita harapkan, dapat melakukan Clean Up secara berkelanjutan kedepannya, tidak hanya sekali ini saja untuk Samosir bersih, indah dan lestari," harap Parissan Lumbangaol.

Pantauan Bona Pasogit dilokasi Clean Up di pelabuhan Simanindo para peserta, diantaranya masyarakat setempat, pemuda setempat, Gerbang Swara, rombongan UPT. PKA Danau Toba,  tampak antusias mengikuti jalannya Clean Up hingga akhir, dan Ketua Umum Gerbang Swara, Ketua DPW Kabupaten Samosir terlibat langsung melakukan pembersihan pantai pelabuhan dari sampah yang berserakan. (Hreys)

Penyerahan peralatan Clean Up Danau Toba secara simbolis oleh Ketua Umum Gerbang Swara Tasimin, MT didampingi KTU UPT Danau Toba BLH Provsu Donal Rajagukguk kepada ketua OPS (Organisasi Pengusaha Sejenis) Simanindo dan Pemuda setempat dan saat Clean Up berlangsung.

TRENDING TOPIKMore