Seputar Bona Pasogit Samosir

Kawasan Danau Toba, Samosir


Bantu Tekan Subscribe 🙏

SAMOSIR

Jumlah Usulan Warga Pardugul 2017-2018 Untuk Pembangunan, Sama

SEPUTAR BONA PASOGIT SAMOSIR
Sabtu 27 2018, 00:50 WIB
Last Updated 2018-08-21T10:58:29Z

Rapat Musrenbang Desa Pardugul, di Kantor Kepala Desa Pardugul, Jumat (26/1/2018) berjalan aman dan lancar.

Samosir, Bona Pasogit

Diawali dengan doa dipimpin pengurus gereja Katolik Pardugul, Parsaoran Sigiro, Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Desa Pardugul tahun anggaran 2018, warga Desa Pardugul, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, sampaikan sebanyak 13 usulan yang dianggap prioritas untuk dibangun melalui Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) TA 2018. Jumlah usulan ini, sama ketika tahun 2017 lalu.

Musrenbang berlangsung, dibuka secara resmi oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pardugul, Lister Sinurat.

"Rapat Musrenbang Desa, ini sudah kita lakukan setiap tahunnya. Jadi kita sudah tidak kaku lagi dalam hal ini. Kita berharap, usulan yang disampaikan, jangan hanya berharap sumbernya dari Dana Desa, tetapi juga dari APBD," ucap Lister Sinurat, membuka jalannya Musrenbang, Jumat (26/1/2018) pukul 14.30 WIB.


Rapat Musrenbang Desa Pardugul dipimpin langsung BPD dan Kepala Desa.

Kepala Desa Pardugul, Gunawan Sinurat, menjelaskan, dalam pra Musrenbang yang telah digelar November 2017 lalu, sudah hasilkan beberapa usulan.

"Ini kita tinggal perengkingan. Namun demikian, bila masih ada usulan yang tertinggal dan masih prioritas, tetap boleh diusulkan pada rapat Musrenbang hari ini," terang Gunawan Sinurat.

Dia juga menyampaikan, sampai sejauh ini, belum tahu pasti besaran Dana Desa untuk Desa Pardugul tahun anggaran 2018. "Tapi yang pasti akan lebih besar dari anggaran tahun 2017," ucap Gunawan Sinurat.

Adapun besaran ADD dan DD dalam APBDes Desa Pardugul TA 2017 sebesar kurang lebih Rp 1,2 miliar
yang direalisasikan untuk 5 kegiatan fisik, yakni Rehab Kantor Kepala Desa, pembuatan pipanisasi air minum dusun I dan dusun II, rabat beton dan dyk di dusun II, rehab saluran tali air simpang kilang padi dusun I, dan pembangunan saluran tali air samping kilang padi di dusun I (sesuai APBDes Pardugul 2017).


Salah satu pekerjaan fisik APBDes Desa Pardugul TA 2017.

Sementara itu, mewakili Camat Pangururan, Elprida Aritonang,
mengajak dan memberikan pemahaman kepada masyarakat, agar menyampaikan usulan yang semata hanya berbentuk fisik.

"Kita harapkan, usulan tidak semata hanya pembangunan infrastruktur fisik, tetapi juga membangun infrastruktur sosial. Ini erat hubungannya dengan penyelamatan generasi dan peningkatan mutu generasi," ucap Elprida Aritonang.

Dia juga menuturkan, untuk  pencarian Dana Desa, akan ditransfer ke rekening Desa sebanyak 3 tahap, tahap I 20 %, tahap II 40 %, dan tahap III 40 %.

"Kita harapkan juga, APBDes Desa Pardugul TA 2018, sudah harus selesai 15 Februari 2018. Perdes pertanggungjawaban keuangan tahun 2017, juga harus sudah tuntas paling lama 31 Januari 2018," tegas Elprida.

Dalam rapat berlangsung, salah satu warga A Rey Sitanggang, kembali mengusulkan pemugaran bukit bersejarah Bukit Panggung.

"Sampai sekarang, ini tanah tidak bertuan, karena merupakan bukit bersejarah. Kita tidak mau dikemudian hari, statusnya menjadi bahan konflik. Sehingga ini perlu disikapi secepatnya. Selain itu, ini bisa menjadi sumber PAD Pardugul, setelah dipugar," ucap A Rey Sitanggang.


Bangunan rabat beton dan dyk Dana Desa Pardugul TA 2017.

Berikut hasil perengkingan usulan warga Desa Pardugul yang sesuai hasil pra Musrenbang, yang kemudian akan di tuangkan pada APBDes Desa Pardugul TA 2018 :

1. Pengadaan hand traktor sebanyak 3 unit

2. Pengadaan traiser padi dan jagung

3. Sambungan tali air Parondas

4. Pembuatan tali air Pangkailan

5. Pembukaan jalan usaha tani Buntu Pangaloan-Batu Lomlom dusun II

6. WC umum perkampungan

7. Perbaikan tali air simpang Hotel Sinur

8. Sambungan pipanisasi air minum dusun I dan II

9. Pembukaan jalan ring road Pardugul-Parlondut dusun II

10. Saluran jalan rabat beton

11. Tali air simpang Kantor Kepala Desa

12. Tali air disekitar persawahan yang dibutuhkan

13. Pemugaran situs sejarah Bukit Panggung.

Musrenbang berlangsung, dihadiri BPD Desa Pardugul, Kepala Desa Pardugul, Sekretaris Desa Pardugul Budiman Sitanggang, para perangkat Desa, Kadus, PPL pertanian Timbul Malau, pendamping Desa Benni Simbolon, pendamping Kecamatan, mewakili Camat Pangururan, dan puluhan masyarakat Desa Pardugul. (Hrey. S)

NARKOBA DAN OBAT-OBATAN TERLARANG ADALAH RACUN MEMATIKAN.

MARI BERSAMA SELAMATKAN GENERASI BANGSA INI DARI BAHAYA NARKOBA DAN OBAT-OBAT TERLARANG LAINNYA.


TRENDING TOPIKMore