Seputar Bona Pasogit Samosir

Kawasan Danau Toba, Samosir


Bantu Tekan Subscribe 🙏

SAMOSIR

Menteri Pertanian RI Tetapkan Samosir Sumber Bibit Kambing Panorusan

SEPUTAR BONA PASOGIT SAMOSIR
Kamis 26 2018, 23:32 WIB
Last Updated 2018-08-05T03:01:12Z
Suasana rapat berlangsung
Samosir, Bona Pasogit

Berdasarkan SK Menteri Pertanian RI No.40/Kpts/Pk 020/I/2017 tanggal 20 Januari 2017, dan sebagai tindak lanjut dari keputusan itu, para pakar dari berbagai perguruan Tinggi, yakni IPB, Brawijaya, UNPAD, Udayana mengadakan rapat di Gedung IPB Science Technopark Bogor, Selasa (24/7/2018), Kabupaten Samosir ditetapkan sebagai sumber bibit kambing Panorusan (kambing putih).

Hal itu disampaikan Bupati Samosir Rapidin Simbolon, melalui pesan singkat whatsaap, Kamis (26/7/2018), bahwa Samosir telah ditetapkan sebagai daerah endemik pengembangan dan sebagai sumber bibit kambing Panorusan.

"Mohon ijin berbagi Info dan selamat pagi untuk kita semua. Samosir telah ditetapkan sebagai daerah endemik pengembangan dan akan menjadi sumber bibit kambing panorusan (kambing putih)," tulis Rapidin.

Kata Bupati, sebagai tindak lanjut dari keputusan Menteri ini, para pakar dari berbagai perguruan Tinggi telah mengadakan rapat di gedung IPB Science Technopark Bogor dipimpin langsung oleh Direktur Perbibitan Kementan dengan para dewan pakar bersama Pemerintah Kabupaten Samosir, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara.

Dalam rapat, menetapkan langkah-langkah strategis agar Samosir sebagai sumber bibit ternak yang spesifik harus segera diwujudkan yang akan dijadikan sebagai komoditi ternak unggulan, serta menjadi daya tarik pariwisata juga komoditi lokal, nasional maupun Internasional.

"Dengan adanya kegiatan ini, nantinya masyarakat akan diberdayakan untuk menjadi peternak, sehingga dapat menopang perekonomian masyarakat. Selain itu, juga sebagai bahan konsumsi dan kuliner, serta meningkatkan kearifan lokal (acara-acara khusus ritual). Semoga program ini berjalan dengan baik," harap Rapidin. (Hrey S)

Narkoba Dan Obat Terlarang Adalah Racun Mematikan.
Mari Bersama Selamatkan Generasi Bangsa Ini Dari Bahaya Narkoba Dan Obat-obatan Terlarang Lainnya.

TRENDING TOPIKMore