Seputar Bona Pasogit Samosir

Kawasan Danau Toba, Samosir


Bantu Tekan Subscribe 🙏

SAMOSIR

Bupati Samosir : Mari Benahi Perilaku Tingkatkan Pariwisata Samosir

SEPUTAR BONA PASOGIT SAMOSIR
Minggu 05 2018, 16:19 WIB
Last Updated 2018-08-05T09:31:59Z
Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan beberapa pimpinan SKPD ikuti kebaktian di Gereja Katolik Pintusona, Kecamatan Pangururan, Minggu (5/8/2018).
Samosir, Bona Pasogit

Pembangunan infrastruktur sosial, menjadi isu strategis di Kabupaten Samosir. Untuk itu, mari membenahi perilaku sosial kita sehingga Samosir menjadi tujuan wisata favorit yang pasti meningkatkan perekonomian masyarakat Samosir.

Demikian disampaikan Bupati Samosir, Rapidin Simbolon saat melakukan sosialisasi pembangunan kepada masyarakat  melalui tempat-tempat ibadah, yang kali ini dilaksanakan di Gereja Katolik Pintusona, Kecamatan Pangururan, Minggu (5/8/2018).

"Mari kita memperbaiki pembangunan infrastruktur sosial, perilaku sosial. Masyarakat harus ramah kepada pengunjung. Mari budayakan senyum bila kita berjualan, mempunyai restoran dan angkutan umum. Jangan kesempatan dalam kesempitan, jangan sampai dibuat harga yang tidak sesuai yang akan membuat pengunjung menjadi jera. Buatkan daftar harga. Satu hal lagi, mengenai ternak, jangan sampai berkeliaran, buatkan kandangnya. Akan sangat jorok kalau ternak berkeliaran dan mari budayakan hidup bersih," himbau Rapidin.

Rapidin Simbolon saat menyampaikan paparannya kepada jemaat usai kebaktian berlangsung.
Bupati juga mengakui, bahwa keberhasilan pembangunan yang sedang berlangsung di Kabupaten Samosir, tidak bisa lepas dari peran serta masyarakat. Dan pembangunan infrastruktur fisik juga pembangunan infrastruktur sosial, akan berhasil ketika pemerintah dan masyarakat bisa bekerjasama untuk memberikan pemahaman.

Dijelaskan, begitu banyak dana pembangunan yang masuk ke Kabupaten Samosir dari Pusat, angkanya sudah mencapai Rp 2 triliun, yakni untuk pembangunan jalan ring road, jembatan Dalihan Natolu, pelabuhan Simanindo dan Ambarita.

"Mari kita masyarakat menjadi pelaku jangan hanya menjadi penonton," ajak Rapidin.

Secara khusus untuk pembangunan infrastruktur fisik, masyarakat juga diharapkan berperan untuk memberikan lahan/tanah jika dibutuhkan untuk pembangunan.

Jemaat Gereja Katolik Pintusona, Kecamatan Pangururan, ibadah, Minggu (5/8/2018).
"Apalagi sekarang, sudah ada namanya ganti untung, tidak ganti rugi lagi. Untuk jalan nasional melewati gereja ini dan kelurahan Pintusona ini, kami mengharapkan masyarakat mendukung pembangunan jalan ring road Samosir," pinta Bupati.

Lebih jauh, usai mengikuti kebaktian bersama beberapa pimpinan SKPD, pada sosialisasi pembangunan berlangsung, Bupati juga menyampaikan, apa yang menjadi peran serta masyarakat pada proses pembangunan yang sedang berlangsung saat ini.

Dipaparkan, peran masyarakat juga dibutuhkan dalam turut serta mengawasi proses pembangunan dan menjaga hasil pembangunan.

"Beberapa hari yang lalu, terjadi pencurian baterai lampu jalan solar cell, terjadi kehilangan peralatan alat berat yang lagi melakukan pembangunan, tolong dilaporkan bila melihat pencurian," ungkap Rapidin.

Pada kesempatan sesi tanya jawab, salah seorang pengurus Gereja Katolik Pintusona, Belman Sinaga, menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati dan rombongan, yang sudah memberikan penjelasan mengenai pembangunan yang tengah berlangsung di Kabupaten Samosir.

"Mudah-mudahan Samosir menjadi favorit pariwisata yang akan meningkatkan perekonomian masyarakat," ucap Belman. (Hrey S)

Narkoba dan Obat Terlarang Adalah Racun Mematikan.
Mari Bersama Selamatkan Generasi Bangsa Ini Dari Bahaya Narkoba Dan Obat-obatan Terlarang Lainnya.

TRENDING TOPIKMore