Seputar Bona Pasogit Samosir

Kawasan Danau Toba, Samosir


Bantu Tekan Subscribe 🙏

SAMOSIR

KPU Gelar Debat Publik Calon Bupati Samosir 2015 Selama 2 Hari

SEPUTAR BONA PASOGIT SAMOSIR
Minggu 22 2015, 12:21 WIB
Last Updated 2015-11-22T05:29:36Z

Samosir, Kupas Tuntas

Tahapan demi tahapan sosialisasi pemilihan kepala daerah telah dilakukan. Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Samosir juga telah menggelar debat publik calon bupati dan wakil bupati Samosir tahun 2015 selama 2 hari berturut - turut, 19-20 November 2015 bertempat di Aula A.E. Manihuruk Lumban Suhi - suhi, Kecamatan Pangururan.

Debat publik hari pertama, Kamis (19/11) dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. KPU Samosir menghadirkan Turunan B. Gulo, SP, M.SP sebagai moderator. Sebagai panelis Prof. Dr. Monang Sitorus, M.Si, Pdt. Bonar H. Lumbantobing, MTh dan pembawa acara Melani Kristi dihadiri 4 pasangan calon bupati dan wakil bupati samosir 2015.

Tema yang diangkat pada hari pertama adalah "Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik". Sebelum debat dimulai, seluruh paslon dipersilahkan untuk menyampaikan visi - misi masing - masing sesuai topik. Tim dan simpatisan paslon yang diundang dan hadir di gedung juga dipersilahkan untuk menyampaikan yel - yel masing - masing paslon dukungannya.

Adapun yel - yel paslon nomor urut 1 Hatorangan Simarmata - Oloan Simbolon "Horas menang, horas menang rakyat senang". Paslon nomor urut 2 Alusdin Sinaga - Ober Sagala "Horas, au do ho, ho do au, rap berjuang menangkan Alusdin - Ober, Samosir Makin Sejahtera (SMS)". Nomor urut 3 Raun Sitanggang - Pardamean Gultom "Au do ho - Ho do au, Horas holan Raun sude". Dan paslon nomor urut 4 Rapidin Simbolon - Juang Sinaga "Rapidin Simbolon pilihanku, Juang Sinaga kebanggaanku pasti menang".

Debat berlangsung juga disiarkan langsung di 2 stasiun radio, radio samosirgreen 101.10 FM dan radio Anugerah 101.90 FM, demikian juga pada hari kedua. Hari kedua, Jumat (20/11) hadir sebagai moderator Suryati Simanjuntak, panelis Prof. Dr. Posman Sibuea dan Drs. Tonny P. Situmorang, MA dengan mengusung tema "Samosir membangun".

Panitia juga membuat Videotron (video layar lebar) di luar ruangan dan didalam ruangan untuk dapat disaksikan langsung oleh masyarakat yang tidak dapat masuk kedalam gedung karena keterbatasan kapasitas. Kapolres samosir AKBP. Eko Suprihanto menurunkan ratusan personil untuk pengamanan selama 2  hari pelaksanaan debat publik berlangsung.

Pada kesempatan menyampaikan visi dan misi, paslon nomor urut 1 Hatorangan - Oloan menyampaikan visi dan misi "Samosir menjadi destinasi wisata impian tahun 2021. Meningkatkan infrastruktur dan konservasi alam yang handal, berdasarkan tata ruang yang mantap untuk mendukung industri pariwisata berbasis budaya dan kearifan lokal".

Nomor urut 2 Alusdin - Ober "Menciptakan pemerintahan yang bersih dan berwibawa dengan memberikan teladan hidup sejahtera tanpa korupsi. Samosir makin sejahtera, samosir maduma sude". Paslon nomor urut 3 Raun - Pardamean "Samosir beriman, berbudaya dan sejahtera. Bekerja dengan tulus, ikhlas, jujur dan takut akan Tuhan. Akan memulai pembangunan dari Desa dan akan melanjutkan pembangunan pemerintah terdahulu dengan ketulusan dan kerendahan hati. Meningkatkan pendidikan dengan membangun universitas di Kabupaten Samosir".

Dan paslon nomor 4 Rapidin - Juang "Terwujudnya masyarakat samosir yang sejahtera, mandiri dan berdaya saing, berbasis pada pariwisata dan pertanian". Diakhir debat, ketua KPU Samosir Suhadi Situmorang, SH, MH menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut mendukung suksesnya pelaksanaan debat publik calon bupati dan wakil bupati Samosir tahun 2015.

"Kepada seluruh pihak yang turut mendukung suksesnya pelaksanaan debat publik calon bupati dan wakil bupati Samosir tahun ini, KPU Samosir dan seluruh jajarannya menyampaikan terima kasih banyak atas terselenggaranya debat publik ini dengan baik, aman dan kondusif", ucap Suhadi Situmorang.

Lebih lanjut, Suhadi berharap dengan terlaksananya debat publik tersebut, masyarakat samosir dapat mengenal lebih dekat dan kesiapan dari keempat paslon bupati dan wakil bupati samosir yang akan bertarung pada 9 Desember 2015. Sehingga masyarakat mampu memberikan hak suaranya dengan baik ketika di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Karena satu suara menentukan nasib pembangunan kabupaten samosir 5 tahun kedepan. (Helbos)

Ket Foto : Keempat paslon bupati/wakil bupati Samosir tahun 2015 saat mengikuti debat publik.

TRENDING TOPIKMore