Seputar Bona Pasogit Samosir

Kawasan Danau Toba, Samosir


Bantu Tekan Subscribe 🙏

PARIWISATA

Beredar Informasi Ada Lintah Dan Kutu Di Danau Toba, Ini Jawaban Dinas Lingkungan Hidup Samosir Dan Pariwisata

SEPUTAR BONA PASOGIT SAMOSIR
Senin 20 2017, 17:05 WIB
Last Updated 2020-12-05T09:43:41Z
Samosir, Bona Pasogit

Menanggapi beredarnya informasi ada lintah dan kutu di Danau Toba yang telah menyerang pengunjung yang sedang berenang Mangasi Silalahi (38) bersama sanak saudaranya, Rabu (15/02/2017) sore di Pantai Ujung Parapat, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir mengaku belum mengetahui hal itu.

"Hingga hari ini, kita tidak tahu akan informasi itu. Namun demikian, kita akan lakukan penelitian dan akan turun langsung kelapangan untuk mengecek kebenarannya," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Samosir Drs. Sudion Tamba melalui Sekretarisnya Suyono Parhusip, SE didampingi Kepala Bidang Pencegahan dan Pengawasan Dampak Lingkungan Hidup Donny Saut Halomoan Silalahi, ST kepada wartawan, Senin (20/02/2017) diruang kerjanya.

Disampaikan juga, sejauh ini, air Danau Toba masih layak konsumsi. "Sekali 4 (Empat) bulan, kita rutin melakukan uji Laboratorium untuk mengetahui kualitas air Danau Toba dan mata air lainnya yang ada disetiap Desa, Kecamatan. Dan sejauh ini, masih layak untuk dikonsumsi," jelas Suyono.

Senada, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Ombang Siboro melalui Sekretarisnya Ir. Rosliana ketika ditemui wartawan diruang kerjanya untuk konfirmasi hal itu, Senin (20/02) mengatakan, bahwa dirinya belum mengetahui informasi yang telah beredar dibeberapa media cetak dan online itu.

"Kita belum mendapat informasi itu. Memang tahun sebelumnya, kita pernah dapat kabar serupa, tapi tidak tahu pasti itu lintah atau bukan. Sebab jenisnya kecil seperti jentik-jentik. Yang kita tahu lintah, ukurannya besar," terangnya.

Mengenai dampak terhadap kunjungan wisatawan ke Samosir sambungnya, hingga saat ini tidak ada pengaruh. "Dampak dari informasi itu, tidak ada pengaruh terhadap kunjungan wisatawan ke Samosir sampai saat ini. Karena lokasi wisata Pantai seperti Pasir Putih, Pantai Indah Situngkir, tidak ada laporan seperti itu. Dan pada libur Imlek lalu, Samosir ramai pengunjung," ucapnya.

Lebih lanjut Rosliana berharap, agar masyarakat serta para pengunjung jangan terlalu cepat menelan informasi itu, sebelum tahu kebenarannya. (Hreys)

Narkoba Dan Obat-obat Terlarang Adalah Racun Yang Mematikan.
Mari Bersama Selamatkan Generasi Bangsa Ini Dari Bahaya Narkoba Dan Obat-obat Terlarang Lainnya.


Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Ir. Rosliana. Foto : Helbos Sitanggang.

TRENDING TOPIKMore