Seputar Bona Pasogit Samosir

Kawasan Danau Toba, Samosir


Bantu Tekan Subscribe 🙏

PENDIDIKANUMUM

Koramil Harian Budidaya Ikan Nila Untuk Ketahanan Pangan

SEPUTAR BONA PASOGIT SAMOSIR
Jumat 18 2020, 19:54 WIB
Last Updated 2020-12-18T12:54:26Z
Koramil 04/HB budidaya ikan nila untuk ketahanan pangan di bidang perikanan | Baktiar Pasaribu.
Samosir, Bona Pasogit

Potensi budidaya perikanan di Indonesia, memberikan peluang besar yang dapat dimanfaatkan oleh para Babinsa Kodim 0210/TU yang bertugas di Koramil 04/HB. Hal itu, bertujuan untuk melaksanakan praktek lapangan untuk melakukan pembinaan ketahanan pangan di bidang perikanan.


Kegiatan budidaya ikan nila ini, juga bertujuan untuk mengembangkan dan memberdayakan masyarakat agar bisa meningkatkan perekonomian maupun penambahan protein secara mandiri.

Para Babinsa yang sudah mempraktekan budidaya ikan nila di kolam keramba milik warga desa Janji Martahan, Kecamatan Harian, yang dilakukan oleh personil TNI Koramil 04/HB, memelihara selama lebih kurang dari 3 bulan, dan kini sudah besar dengan ukuran 4-5 kg per ekornya.


Para Babinsa ini, dibimbing langsung oleh Peltu. Marihot Sitinjak selaku pakar kegiatan dengan memberikan materi langkah-langkah cara penyiapan media kolam terpal, penebaran benih,  pembesaran ikan konsumsi, pemberian pakan utama, dan alternatif, serta perawatan berlanjut.

"Dengan memanfaatkan potensi yang terdapat di Desa binaan para Babinsa, diharapkan nanti Babinsa bisa melakukan usaha, khususnya dalam bidang budidaya ikan serta dapat mengembangkannya di tengah-tengah masyarakat. Dengan hal itu, masyarakat bisa memperoleh sumber penghasilan tambahan dan juga meningkatkan ketahanan pangan dan gizi," ujar Peltu. Marihot Sitinjak.


Komandan Ramil 04/HB, Peltu. Marihot Sitinjak juga menjelaskan, bahwa kegiatan pengembangan budidaya ikan dengan tujuan untuk membekali Babinsa dalam rangka pembinaan di wilayahnya .

Sementara itu, Batud Ramil 04/HB, Serka. Ilham Wahyudi Ginting, berharap budidaya ikan dilahan yang di pinjam dari masyarakat dapat digunakan sebagai sarana untuk menambah ilmu secara pribadi bagi Babinsa.

"Disamping menambah ilmu, kami juga bisa membantu menyediakan stok pada masyarakat, baik untuk di makan sendiri maupun untuk keperluan pesta. Karena, di dalam adat batak, ikan mas biasa disajikan," kata Serka. Ilham Wahyudi Ginting.

Ditambahkan, dengan memperoleh tambahan ilmu itu, diharapkan Babinsa bisa menjadi pelopor di Desa binaan dalam ketahanan pangan pada budi daya ikan.

"Kebetulan, di lahan tersebut banyak sumber air, sehingga bisa di manfaatkan untuk budidaya ikan nila," paparnya. (Artikel ini dikirim oleh Baktiar Pasaribu | Editor : H. Rey S)

KITA SERIUS, CORONA PUTUS

NARKOBA DAN OBAT TERLARANG ADALAH RACUN MEMATIKAN.
MARI BERSAMA KITA SELAMATKAN GENERASI BANGSA INI DARI BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA DAN OBAT-OBATAN TERLARANG LAINNYA.

TRENDING TOPIKMore