Seputar Bona Pasogit Samosir

Kawasan Danau Toba, Samosir


Bantu Tekan Subscribe 🙏

SAMOSIR

Mengelola Pasar Percontohan Onan Baru Pangururan Harus Ada Perda

SEPUTAR BONA PASOGIT SAMOSIR
Minggu 17 2016, 23:06 WIB
Last Updated 2016-04-17T16:06:37Z
Kadis Koperindag Kab. Samosir Hotraja Sitanggang, ST, MM

Samosir, Kupas Tuntas

Pasar tradisional percontohan Onan Baru Pangururan, Kabupaten Samosir menjadi perhatian khusus pemerintah kabupaten baru-baru ini. Hal itu dikarenakan maraknya Pedagang Kaki Lima (PKL) berdagang diluar zonase yang ditentukan pihak pengelola yaitu Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kab. Samosir.

Untuk itu, dalam mengelola pasar percontohan Onan Baru Pangururan harus ada peraturan daerah (Perda) tentang tata kelola pasar, serta pedagang dan pembeli harus menanamkan budaya malu. Demikian disampaikan kepala dinas Koperindag Kab. Samosir Hotraja Sitanggang, Selasa (12/04).

"Pasar percontohan Pangururan akan tertangani dengan baik bila sudah ada perda tentang tata kelola pasar. Draft Ranperda itu sendiri telah kita ajukan untuk dibahas di DPRD," kata Hotraja Sitanggang.

Disampaikan Hotraja, adapun isi daripada draft Ranperda yang telah diajukan, menyangkut tentang hak dan kewajiban pemerintah dan para pedagang yang menempati gedung pasar milik pemerintah itu.

Lebih lanjut kata Hotraja, selain mengenai hak dan kewajiban para pedagang, dalam draft Ranperda itu juga terdapat sanksi terhadap pedagang yang melanggar aturan yang sudah ditetapkan pihak pengelola pasar.

"Kita ada temukan data pelanggaran yang dilakukan oleh pedagang. Sebagian gedung ada yang dibobol masyarakat sekitar pasar. Selain itu, bangunan milik pemerintah ada yang disewakan kembali kepada yang lain oleh pemenang undian saat peresmian pasar percontohan Onan Baru Pangururan. Untuk menindak pelanggaran itu, tentu harus ada perda yang mengatur," ujar Hotraja Sitanggang.

Semrawutnya pasar percontohan Onan Baru Pangururan selama ini, turut mengundang perhatian Krimson Malau selaku Kasatpol-PP Samosir untuk terlibat melakukan penertiban para PKL pada pekan besar Pangururan setiap hari Rabu.

Tidak hanya satpol-pp, dinas perhubungan Kab. Samosir juga turut ambil bagian dalam rangka menertibkan PKL dan mengatur parkiran setiap hari pekan, untuk kelancaran arus lalulintas. (Helbos)



Aku Bangga Jadi Anak Indonesia.

TRENDING TOPIKMore