Seputar Bona Pasogit Samosir

Kawasan Danau Toba, Samosir


Bantu Tekan Subscribe 🙏

SAMOSIR

Gereja Katolik Pangururan Diusia 75 Tahun

SEPUTAR BONA PASOGIT SAMOSIR
Kamis 04 2016, 11:30 WIB
Last Updated 2016-08-04T04:30:53Z
Uskup Agung Medan Mgr. Anecetus Sinaga, OFM Cap.

Samosir, Bona Pasogit

Gereja Katolik St. Mikhael Pangururan di usianya yang ke 75 tahun, rayakan pesta jubileum, Senin (01/08/2016) bertempat di halaman Gereja Katolik Inkulturatif  Pangururan, Kabupaten Samosir, diawali dengan kebaktian Misa dipimpin oleh Uskup Agung Medan Mgr. Anecetus Sinaga, OFM Cap.

Jubileum 75 tahun Gereja Katolik St. Mikhael Pangururan mengangkat tema, “SPES SALVI“ Harapan Yang Menyelamatkan“ dengan sub tema, “Meningkatkan Mutu Iman Pengurus Gereja Dan Umat."

Uskup Agung dalam kotbahnya menekankan, agar seluruh umat saling mengasihi sesama dan dapat meningkatkan iman, serta bersama-sama mewujudkan kesejahteraan masyarakat Samosir.

Seluruh umat Katolik juga diimbau, agar bersama mendukung program Pemerintah, dalam melakukan pengembangan pariwisata di danau toba, dengan mengedepankan Soft tourism yang bertanggung jawab terhadap kelestarian alam. Selain itu, pengembangan pariwisata harus mampu memenuhi kebutuhan masyarakat lokal, adil dan menjunjung tinggi martabat manusia, serta adat setempat.

Lebih lanjut Uskup mengimbau, agar pemerintah memberi ruang partisipasi bagi masyarakat setempat. "Gereja Katolik Keuskupan Agung Medan (KAM), siap berpartisipasi dan bersinergi dengan pemerintah, untuk membangun pariwisata di kawasan danau toba. Karena hal itu, bakal berdampak positif bagi kehidupan masyarakat baik dibidang ekonomi, sosial, pendidikan, kesehatan, budaya maupun kelestarian lingkungan," jelasnya.

Uskup diakhir khotbahnya menekankan, umat Katolik harus mampu memaafkan kesalahan orang lain. "Sifat memaafkan harus ditegakkan untuk mewujudkan perdamaian," tegasnya.

Pesta itu turut dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD). Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, Kapolres AKBP. Donald P Simanjuntak, Kajari Pangururan Edward Malau, Wakil Ketua DPRD Samosir Jonner Simbolon, Plt. Sekda. Tombor Simbolon, pimpinan SKPD, Ketua TP. PKK, Jend. (Purn) Cornel Simbolon.

Bupati Samosir dalam sambutannya mengatakan, banyak hal yang harus diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk diterapkan, demi mewujudkan kehidupan yang damai.

Dan diimbau kepada seluruh masyarakat, untuk turut serta bergandengan tangan, mendukung segala program pemerintah. Sehingga dapat berjalan dengan baik, dan hasilnya pun dapat segera dimanfaatkan. (Helbos)



Posted By Helbos Sitanggang

TRENDING TOPIKMore