Seputar Bona Pasogit Samosir

Kawasan Danau Toba, Samosir


Bantu Tekan Subscribe 🙏

SAMOSIR

Akhirnya Macet Setiap Hari Pekan Di Onan Baru Pangururan Teratasi

SEPUTAR BONA PASOGIT SAMOSIR
Rabu 25 2017, 22:23 WIB
Last Updated 2017-01-27T10:17:39Z
Samosir, Bona Pasogit

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Samosir yang baru dilantik pada minggu pertama Januari lalu Nurdin Siahaan, SH, langsung melakukan gebrakan untuk mengatasi kemacetan yang kerap terjadi setiap hari pekan di Onan Baru Pangururan. Dinas Perhubungan mengundang seluruh komponen untuk bersama-sama melakukan penertiban, dan akhirnya macet yang terjadi setiap hari pekannya dapat teratasi.

Pantauan Bona Pasogit, Rabu (25/01/2017) siang, arus lalulintas diseputar Pasar percontohan Onan Baru yang selalu terjadi macet dan mengganggu kelancaran aktifitas pengguna jalan tepatnya di Jln. Hadrianus Sinaga, Jln. Kol. Liberty Malau, Jln. Nahum Situmorang, Jln. D.I. Panjaitan, dan Jln. Sisingamangaraja telah lancar, serta dijaga ketat oleh pihak lantas Polres Samosir, Satpol PP, Dinas Perhubungan.

Sebelumnya, Nurdin kepada Bona Pasogit diruang kerjanya, Selasa (24/01/2017) mengatakan, penyebab macet selama ini adalah keberadaan terminal-terminal liar dan parkir sembarangan.

"Setelah kita cari tahu apa penyebab terjadinya macet setiap hari pekan di Onan Baru Pangururan yang mengganggu kelancaran arus lalulintas, ternyata penyebabnya adalah keberadaan terminal-terminal liar dan parkir yang sembarangan," katanya.

Untuk itu sambung Nurdin, pihaknya langsung mengundang seluruh komponen mulai dari pihak lantas Polres Samosir, Organda (Organisasi Angkutan Darat), Pengusaha angkutan, pemilik angkutan roda 3 (Tiga) dan 4 (Empat), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk duduk bersama membicarakan upaya penertiban terminal liar, parkir sembarangan, dan juga para pedagang yang masih berjualan di kaki lima.

"Akibat persoalan macet yang selalu terjadi setiap hari pekannya, kita ambil inisiatif dengan mengundang pihak lantas Polres, Organda, pengusaha, pemilik angkutan roda Tiga, roda empat, Satpol PP, dan kita juga undang pihak pengelola pasar untuk duduk bersama mengatasi persoalan macet selama ini. Dengan cara itu, pekan kemarin arus lalulintas berjalan lancar, dan semoga bisa berjalan lancar untuk seterusnya," ujar Nurdin.

Jadi untuk parkir angkutan, serta menaikkan dan menurunkan barang lanjut Nurdin, semua telah diarahkan ke terminal. "Selain menertibkan parkir sembarangan, kita juga mengarahkan angkutan untuk parkir, serta menaikkan dan menurunkan barang di terminal. Sehingga semuanya bisa tertib dan arus lalulintas tidak macet lagi. Tidak hanya itu, kita bekerjasama dengan pihak lantas, akan melakukan penindakan bagi betor yang masih plat hitam," ucapnya.

Terpisah, Direksi CV. Buhit Yes yang mengelola Betor (Beca Bermotor) Lamlam Sitanggang kepada Bona Pasogit, Rabu (25/01) mengatakan, bahwa dirinya selaku Direksi salah satu angkutan roda tiga, sangat mendukung gebrakan Dinas Perhubungan untuk melakukan penertiban parkir diseputar Pasar.

"Kita tentu sangat mendukung apa yang dilakukan Dinas Perhubungan Samosir, karena kita juga menginginkan kelancaran arus lalulintas diseputar pasar. Karena dengan lancarnya arus lalulintas diseputar pasar setiap pekannya, aktifitas pengguna jalan bisa berjalan lancar, dan dengan ditertibkannya parkir liar, jalan seputar pasar tidak lagi terlihat semrawut," katanya. (Hreys)

Narkoba Dan Obat-obat Terlarang Adalah Racun Yang Mematikan.


Jln. Sisingamangaraja yang biasanya di bahu kiri dan kanan jalan ada angkutan parkir, sekarang tidak lagi dan arus lalulintas sangat lancar, Rabu (25/01). Foto : Helbos.

TRENDING TOPIKMore