Seputar Bona Pasogit Samosir

Kawasan Danau Toba, Samosir


Bantu Tekan Subscribe 🙏

POLITIKSAMOSIRUMUM

Wujud Keseriusan Hadapi Pemilukada 2024, Polres Samosir Gelar Rapat dan Pelatihan

SEPUTAR BONA PASOGIT SAMOSIR
Sabtu 03 2024, 19:40 WIB
Last Updated 2024-08-03T12:40:16Z
Kegiatan Polres Samosir wujud keseriusan ciptakan Pemilukada 2024 lancar, aman dan kondusif.

SAMOSIRMenyongsong Pemilukada serentak 2024 di September mendatang, Polres Samosir menggelar berbagai kegiatan dan pelatihan, Sabtu (3/8/2024) sebagai wujud keseriusan institusinya dalam menghadapi pemilihan kepala daerah, Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati periode 2024-2029.

Informasi Lainnya : 

Bertempat di Lapangan Mako Polres Samosir dan Aula Pusuk Buhit Mako Polres Samosir dilaksanakan pelatihan pengendalian massa dan rapat internal sebagai bentuk kesiapan Polres Samosir jelang Pemilukada 2024.

Pelatihan pengendalian massa dilaksanakan oleh personel Dalmas Awal dan Dalmas Lanjutan yang dilatih oleh Kasat Samapta AKP. Nandi Butar-butar, SH.

Sementara untuk rapat internal dipimpin langsung oleh Wakapolres Samosir, Kompol. Saut Tulus Panggabean, SH dan Pejabat Sementara Kabag OPS Polres Samosir, AKP. Tito Juardi.

Guna menjamin Pemilukada 2024 berlangsung lancar, aman dan damai, Polres Samosir terus memperkuat personel pengamanan melalui latihan pengendalian massa atau dalmas.

Para personel pun diminta untuk terus meningkatkan skill dan kemampuan untuk memastikan seluruh tahapan Pilkada 2024 bisa berjalan damai dan kondusif.

Sedangkan untuk memaksimalkan pelayan dan pengamanan, mengetahui kesiapan seluruh administrasi, anggaran, sarana prasarana, perlengkapan serta kesiapan seluruh informasi pelaksanaan Pemilukada 2024 dan perkembangan politik di Kabupaten Samosir, dilakukan rapat internal Pemilukada 2024 Polres Samosir.

Dalmas yang dilatih terdiri dari beberapa formasi yaitu, gerak dasar, formasi berlindung, formasi banjar tiga, formasi paruh lembing, desak maju dan dorong maju.

Informasi Lainnya : 

Pada latihan dalmas ini, sebagian personel yang terlibat juga dilengkapi dengan peralatan lengkap, seperti seragam pelindung hingga tameng kaca yang bisa digunakan untuk menghalau massa jika terjadi ketegangan politik saat Pilkada nanti.

Kasat Samapta, AKP. Nandi Butar-butar menyampaikan, latihan dalmas ini bertujuan untuk mempersiapkan pengamanan pelaksanaan tahapan Pemilukada 2024.

"Latihan dalmas ini merupakan salah satu langkah antisipasi dari Polres Samosir untuk menangani aksi massa jika terjadi ketegangan saat Pilkada berlangsung," jelas AKP. Nandi Butar-butar.

Sementara pelaksanaan rapat internal Operasi Mantap Praja 2024 dilaksanakan untuk membahas rencana pengamanan Pemilukada 2024 di Kabupaten Samosir.

Dalam rapat, Wakapolres Samosir, Kompol. Saut Tulus Panggabean menyampaikan, tahapan Pemilukada serentak 2024 di wilayah hukum Polres Samosir telah berlangsung.

"Oleh karena itu, diperlukan persiapan sistem pengamanan yang matang," ujarnya.

Ia menekankan, agar para Pejabat Utama (PJU) Polres Samosir bertanggung jawab atas anggotanya masing-masing dalam menghadapi tahapan Pemilukada ini.

Kasat Intelkam Polres Samosir juga diminta untuk melaporkan segala informasi di lapangan kepada pimpinan dan berkoordinasi dengan Kabag Ops Polres Samosir.

Sementara itu, Ps Kabag Ops Polres Samosir, AKP. Tito Juardi menjelaskan berbagai aspek penting terkait pelaksanaan Pemilukada 2024.

Tito memaparkan dasar hukum pelaksanaan Pemilukada, garis waktu Operasi Mantap Praja, tahapan Pemilukada, struktur organisasi, rencana pelibatan personel, anggaran yang digunakan, ketersediaan sarana dan prasarana, standar kekuatan personel untuk pengamanan, pola pengamanan TPS, rencana kontijensi, penanganan konflik sosial (unjuk rasa), sasaran dan target operasi, netralitas Polri, serta penanganan laporan dan temuan dugaan pelanggaran Pemilu.

Ditengah rapat berlangsung, para peserta rapat juga memberikan masukan mengenai kekuatan masing-masing dari segi kesiapan personel, peralatan pendukung, dan administrasi.

Kasat Intelkam Polres Samosir turut menyampaikan perkembangan politik terkini terkait Pemilukada, serta kegiatan para bakal calon, tim pemenangan, dan pendukung.

Dengan rapat ini, Polres Samosir berharap dapat mempersiapkan pengamanan yang optimal guna mendukung kelancaran dan keamanan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024 di Wilayah Kabupaten Samosir.

Pejabat Sementara Kasi Humas Polres Samosir, Brigpol. Vandu P. Marpaung menyampaikan, Polres Samosir memastikan, pihaknya akan serius dan bertindak profesional dalam pelaksanaan Pemilukada serentak ini.

Informasi Lainnya : 

"Oleh sebab itu, latihan Dalmas ini akan terus dilakukan secara rutin dan hal tersebut didukung dengan pelaksanaan rapat internal agar seluruh kesiapan Polres Samosir dilakukan dengan matang," kata Vandu.

Lebih lanjut, Vandu menyampaikan, juga untuk mematangkan kesiapan perencanaan, seluruh sarana prasarana dilengkapi dan informasi pendukung diketahui serta dilaksanakan dengan baik.

"Semua itu bagian dari keseriusan Polres Samosir untuk memastikan Pemilukada 2024 di Wilayah Kabupaten Samosir bisa berjalan lancar, damai, dan kondusif," pungkas Brigpol. Vandu P. Marpaung. (H. Ari)

NARKOBA DAN OBAT TERLARANG ADALAH RACUN MEMATIKAN.
MARI BERSAMA KITA SELAMATKAN GENERASI BANGSA INI DARI BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA DAN OBAT-OBATAN TERLARANG LAINNYA.

TRENDING TOPIKMore