Seputar Bona Pasogit Samosir

Kawasan Danau Toba, Samosir


Bantu Tekan Subscribe 🙏

PARIWISATASAMOSIRUMUM

Kapolres Samosir Pimpin Rapat Optimalisasi Pengamanan Destinasi Wisata dan Karhutla

SEPUTAR BONA PASOGIT SAMOSIR
Senin 22 2024, 18:38 WIB
Last Updated 2024-07-22T11:38:16Z
Saat rapat anev mingguan Polres Samosir berlangsung.

SAMOSIRKapolres Samosir, AKBP. Yogie Hardiman, SH, S.Ik, MH, memimpin rapat optimalisasi pengamanan destinasi wisata dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Senin (22/7/2024) di Aula Wira Pinandita Mako Polres Samosir.

Informasi Lainnya : 

Rapat anev mingguan dan rencana kegiatan satu minggu ke depan ini juga dihadiri oleh Wakapolres Samosir Kompol. ST Panggabean, SH, para Kabag, para Kasi, para Kanit, dan para Kapolsek jajaran Polres Samosir.

Dalam rapat, Kapolres Samosir menekankan pentingnya Bhabinkamtibmas untuk terus memberikan himbauan dan edukasi kepada masyarakat guna pencegahan kebakaran lahan. 

Kepada Kabag Ops, Kapolres meminta agar menyampaikan rencana kegiatan ke depan kepada seluruh anggota agar memahami tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

"Sangat penting untuk melaksanakan penegakkan hukum terkait karhutla dan keaktifan dalam setiap kunjungan, termasuk kunjungan VIP. Khusus untuk Karhutla, koordinasi kepada stakeholder yang ada," ujar Kapolres, AKBP. Yogie Hardiman.

Menambahi, Wakapolres Samosir, Kompol. ST Panggabean menyampaikan, bahwa kebakaran lahan saat ini sedang marak terjadi.

Untuk itu, Ia mengarahkan Kapolsek untuk memplotting anggota di daerah rawan karhutla dan menginstruksikan Bhabinkamtibmas untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

"Juga pentingnya evaluasi dan pelatihan fungsi setiap bulan untuk meningkatkan pengetahuan terhadap tugas pokok dan fungsi masing-masing," ujarnya.

Informasi Lainnya : 

Pejabat Sementara Kabag Ops, AKP. Tito Juardi sendiri menyampaikan, bahwa para Kapolsek, Pawas dan Padal harus tetap memonitor perkembangan situasi, terutama menjelang acara Samosir musik internasional dan peresmian Tugu Pakpahan dan Raja Sonang.

"Namun kita juga tetap harus fokus kepada penanganan dan pencegahan kebakaran lahan," singkatnya.

Ditengah rapat, Kabag SDM, Kompol. MS Ritonga, SH, MH juga menyampaikan, bahwa telah dilaksanakan rapat koordinasi pencegahan dan penanganan karhutla.

Ia mengusulkan pembuatan grup WhatsApp Karhutla dari Kepala Dusun hingga tingkat atas guna mempermudah koordinasi dan menegaskan pentingnya penerapan Undang-Undang terkait karhutla untuk memberikan efek jera kepada pelaku.

Menanggapi hal itu, Kapolres langsung mengarahkan Kasat Reskrim beserta tim untuk berkoordinasi dengan stakeholder terkait penerapan pasal penanganan karhutla.

Disisi lain, Kabagren, Kompol. Kristian Sianturi, S.Sos, MH menyampaikan, bahwa akan ada kunjungan terkait zona integritas dan penilaian Ombudsman yang masih memerlukan beberapa pembenahan.

Merespon hal itu, Kapolres menginstruksikan untuk mengumpulkan personel pelayanan guna diarahkan dalam peningkatan pelayanan yang optimal.

Sementara, Pejabat Sementara Kasi Propam dan Kasubag Begal Baglog, Ipda. Darmono Samosir, SH, mengingatkan para Kasatker dan Kapolsek untuk mendata barang inventaris dinas dan mengawasi penggunaannya.

Ia juga menekankan pentingnya peningkatan disiplin anggota dan menghindari pelanggaran, terutama dalam pelaksanaan Ops Patuh Toba.

Dalam rapat, Kasat Lantas, AKP. N. Surbakti, SH, mengapresiasi seluruh anggota yang telah mematuhi peraturan lalu lintas selama pelaksanaan Ops Patuh Toba.

Kapolsek Palipi, AKP. Parlindungan Sinaga menyampaikan, saat ini sedang berlangsung Bupati Cup II dan memohon penebalan backup pengamanan dari Polres.

Menanggapinya, Kapolres menginstruksikan Kabag Ops dan Kasat Intel untuk melakukan analisa dan rencana pengamanan.

Kegiatan anev mingguan dan rencana kegiatan satu minggu ke depan Polres Samosir, berlangsung lancar dan ditutup dengan kegiatan makan pagi bersama. 

Sementara Pejabat Kasi Humas Polres Samosir, Brigpol. Vandu P. Marpaung menyampaikan, tujuan dari anev mingguan ini adalah untuk memastikan Kapolres Samosir dan seluruh PJU Polres Samosir mengetahui perkembangan situasi kamtibmas di Kabupaten Samosir.

Informasi Lainnya : 

Selain itu, juga untuk menyusun rencana pengamanan, dan bersama-sama aktif dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat.

"Kegiatan ini juga merupakan bentuk pertanggungjawaban kegiatan kepolisian yang telah dilaksanakan Polres Samosir serta Polsek jajaran selama seminggu berlalu." pungkasnya. (H. Ari)

NARKOBA DAN OBAT TERLARANG ADALAH RACUN MEMATIKAN. 
MARI BERSAMA KITA SELAMATKAN GENERASI BANGSA INI DARI BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA DAN OBAT-OBATAN TERLARANG LAINNYA.

TRENDING TOPIKMore